Pose model

5 Pose Model yang Harus Dicoba dalam Sesi Fotografi Fashion

Fotografi fashion adalah salah satu bidang yang seru dan penuh kreativitas. Dalam setiap sesi, penting banget buat model tahu pose-pose dasar yang bisa memperkuat karakter foto dan menonjolkan keunikan pakaian yang dipakai. 

Kali ini kita akan bahas 5 pose model yang harus dicoba dalam sesi fotografi fashion. Kita juga akan jelasin apa itu fotografi fashion dan gimana sekolah modeling bisa bantu model menguasai pose-pose tersebut.

Apa Itu Fotografi Fashion?

Fotografi fashion adalah jenis fotografi yang fokus untuk menampilkan pakaian dan aksesoris dengan cara yang menarik dan artistik. Fotografi ini biasanya dipakai di majalah, iklan, katalog, dan media sosial buat promosiin produk fashion. 

Selain menampilkan produk, fotografi fashion juga berperan untuk mengkomunikasikan gaya hidup, tren, dan identitas brand.

Dalam sesi fotografi fashion, model jadi elemen penting yang membantu membawa pakaian dan aksesoris ke kehidupan nyata. Kemampuan model untuk mengekspresikan diri melalui berbagai pose model bisa banget mempengaruhi hasil akhir dari foto tersebut. 

Makanya, model harus paham pose-pose model dasar yang sering digunakan dalam fotografi fashion.

Baca juga: 5 Sekolah Modeling di Bali yang Perlu Kamu Coba

Pose Model Fotografi Fashion

Berikut adalah beberapa pose model dasar yang sering digunakan dalam sesi fotografi fashion:

Pose Berdiri

Pose Berdiri

Pose berdiri adalah salah satu pose model paling dasar dan sering digunakan dalam fotografi fashion. Walau terlihat sederhana, pose ini bisa sangat beragam dan menampilkan berbagai nuansa tergantung bagaimana model memposisikan tubuhnya.

  • Pose Berdiri Tegak: Model berdiri tegak dengan satu kaki sedikit di depan kaki lainnya. Tangan bisa diletakkan di pinggul atau dibiarkan bebas di samping tubuh.
  • Pose Berdiri Menyamping: Model berdiri dengan tubuh sedikit berputar ke samping. Pose ini bisa menonjolkan siluet tubuh dan memberikan efek dramatis.

Pose Berjalan

Pose Berjalan

Pose berjalan memberikan kesan dinamis dan alami. Pose model ini sering digunakan buat menampilkan pakaian yang punya gerakan, seperti gaun panjang atau rok berlipit.

  • Langkah Kecil: Model berjalan dengan langkah kecil, satu kaki di depan kaki lainnya, dan tangan bergerak sesuai langkah. Kepala tetap tegak dan pandangan lurus ke depan.
  • Langkah Lebar: Model berjalan dengan langkah lebih lebar, memberikan kesan lebih energik dan penuh percaya diri.

Pose Berlari

Pose Berlari

Pose berlari memberikan efek gerakan yang kuat dan energik. Pose model ini bisa digunakan buat menampilkan pakaian olahraga atau fashion yang kasual.

  • Pose Berlari Samping: Model berlari dengan tubuh sedikit berputar ke samping. Satu kaki diangkat dan tangan bergerak seolah sedang berlari.
  • Pose Berlari Depan: Model berlari ke arah kamera dengan kaki terangkat dan tangan bergerak dinamis.

Pose Duduk

Pose Duduk

Pose duduk bisa memberikan kesan santai dan elegan. Pose model ini cocok buat menampilkan detail pakaian seperti sepatu atau aksesoris.

  • Duduk di Kursi: Model duduk di kursi dengan kaki disilangkan atau diletakkan di samping. Tangan bisa diletakkan di pangkuan atau di sandaran kursi.
  • Duduk di Lantai: Model duduk di lantai dengan satu kaki ditekuk dan kaki lainnya diletakkan lurus. Pose ini memberikan kesan kasual dan santai.

Pose Bentuk Huruf S

Pose Bentuk Huruf S

Pose bentuk huruf S adalah pose klasik dalam fotografi fashion. Pose model ini menonjolkan lekukan tubuh model dan memberikan kesan elegan.

  • Bentuk S Kecil: Model berdiri dengan satu kaki di depan kaki lainnya dan tubuh sedikit berputar. Pose ini membentuk lekukan S kecil pada tubuh.
  • Bentuk S Besar: Model berdiri dengan satu kaki di depan kaki lainnya dan tubuh berputar lebih banyak, membentuk lekukan S besar pada tubuh.

Pose Bentuk Huruf K

Pose Bentuk Huruf K

Pose bentuk huruf K adalah pose yang lebih dinamis dan unik. Pose model ini memberikan kesan energik dan kreatif.

  • Bentuk K dengan Kaki: Model berdiri dengan satu kaki ditekuk ke depan dan kaki lainnya lurus ke belakang. Tangan bisa diletakkan di pinggul atau diangkat ke atas.
  • Bentuk K dengan Tangan: Model berdiri dengan tubuh sedikit berputar dan satu tangan diangkat ke atas, sementara tangan lainnya diletakkan di pinggul atau dibiarkan bebas.

Baca juga: Suka Duka Menjadi Model Fashion yang Wajib Kamu Ketahui

Penutup

Menguasai pose-pose dasar dalam fotografi fashion penting banget buat kamu models. Pose model yang tepat nggak hanya menonjolkan keindahan pakaian, tapi juga membantu menyampaikan pesan dan karakter yang diinginkan oleh fotografer dan desainer. 

Buat jadi model yang profesional, belajar di sekolah modeling bisa sangat membantu. Di sekolah modeling, kamu bakal diajarin berbagai teknik pose, cara berinteraksi dengan kamera, dan gimana tampil percaya diri di depan lensa.

Dengan menguasai pose-pose dasar ini, kamu akan lebih siap menghadapi berbagai sesi fotografi fashion dan menghasilkan foto-foto yang memukau. Teruslah berlatih dan eksplorasi berbagai pose buat menemukan gaya yang paling sesuai dengan kepribadianmu.

Ada beragam kursus yang bisa kamu coba, mulai dari yang paling dasar sampai yang profesional di sekolah modeling. Kamu bisa coba kelas Menjadi Model Profesional Dari 0 kami.

Selamat mengejar impianmu di dunia modeling! Baca artikel terkait sekolah modeling lainnya di sini.

Leave a Comment