cara menjadi model

5 Tips dan Cara Menjadi Model Remaja yang Legit

Banyak remaja atau lebih kerennya anak ABG (anak baru gede) yang punya mimpi jadi model profesional. Dunia modeling memang menawarkan banyak kesempatan buat tampil di depan kamera, berjalan di runway, dan jadi wajah dari brand-brand terkenal. 

Tapi nih ya, buat mewujudkan mimpi ini nggak selalu gampang, butuh usaha dan dedikasi yang penuh. Buat kamu yang pengen tahu cara menjadi model yang legit, ini dia beberapa langkah yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak Models!

Pahami Dunia Modeling

Dunia Modeling

Sebelum kamu terjun ke dunia modeling dan mempelajari cara menjadi model, penting banget buat tahu berbagai jenis modeling yang ada. Beberapa jenis modeling antara lain:

  • Fashion Modeling: Melibatkan modeling untuk peragaan busana dan majalah fashion.
  • Commercial Modeling: Berfokus pada iklan dan promosi produk.
  • Runway Modeling: Berjalan di atas catwalk dalam peragaan busana.
  • Editorial Modeling: Melibatkan pemotretan untuk majalah atau kampanye iklan khusus.

Mengetahui jenis modeling ini bisa membantu kamu menentukan jalur mana yang paling cocok dengan minat dan kemampuanmu. Jangan asal-asalan saat  belajar ya Models, kamu perlu mencerna setiap jenis modeling dan mulai belajar sesuai pilihanmu. Ibarat seperti penjurusan di kuliah.

Pelajari Kriteria dan Persyaratan

Cara menjadi model pertama itu mempelajari kriteria dan persyaratan menjadi model. Setiap jenis modeling punya kriteria dan persyaratan yang beda-beda. Misalnya, fashion model biasanya harus punya tinggi badan tertentu dan proporsi tubuh yang ideal. 

Sedangkan commercial model lebih fleksibel dalam hal penampilan. Mengetahui persyaratan ini bisa membantu kamu menilai apakah kamu memenuhi syarat untuk jenis modeling yang kamu inginkan.

Ikut Pelatihan

Untuk jadi model profesional, kamu perlu ikut pelatihan dengan mentor yang profesional. Sekolah modeling adalah tempat yang tepat buat memulai belajar. 

Di sini, kamu bakal belajar tentang berbagai aspek modeling, mulai dari cara berjalan di runway, berpose di depan kamera, sampai menjaga penampilan. Pilih sekolah modeling yang punya reputasi baik dan program pelatihan yang lengkap.

Kamu bisa coba Sekolah Modeling Indonesia yang menawarkan berbagai kelas modeling online. Kalau kamu bingung gimana cara menjadi model yang tepat dari 0, kamu bisa banget in kelasnya!

Bentuk Portfoliomu

Bentuk Portfoliomu

Portfolio adalah kumpulan foto terbaik yang menunjukkan kemampuan dan gaya kamu sebagai model. Portfolio di sini bisa menjadi alat penting yang bakal kamu pakai buat memperkenalkan diri ke agensi dan klien potensial yang kamu incar. 

Portfolio yang bagus bisa meningkatkan peluang kamu buat dapat kerjaan di dunia modeling. Tapi ingat, portoflio kamu harus benar-benar dibuat seperti buatan profesional ya Models. Lengkap dengan biodata, skill, dan pengalaman.

Pastikan portfolio kamu juga mencakup berbagai jenis foto, seperti headshot, full-body shot, dan beberapa gaya pose yang beda. Sertakan juga foto dengan berbagai outfit dan makeup untuk menunjukkan fleksibilitas kamu. Pilih foto-foto yang paling representatif dan menarik untuk dimasukkan ke dalam portfolio kamu.

Pakai Jasa Fotografer Profesional

Untuk hasil yang terbaik, kerja samalah dengan fotografer profesional yang berpengalaman dalam fotografi modeling. Fotografer yang baik bisa membantu kamu mendapatkan foto-foto yang menarik dan berkualitas tinggi. 

Jangan ragu buat berinvestasi dalam sesi pemotretan yang profesional karena ini sangat berpengaruh pada kesuksesan kamu di dunia modeling. Kalau kamu bingung persiapan apa yang perlu kamu siapkan, kamu bisa pelajari di sini.

Baca juga: 8 Keuntungan Mengikuti Sekolah Modeling

Hunting Agensi Modeling

Hunting Agensi Modeling

Kalau kamu belum punya pengalaman, kamu bisa coba hunting agensi modeling yang jumlahnya lumayan banyak di luar sana. Agensi modeling bisa membantu kamu mendapatkan kerjaan dan membangun karir di dunia modeling. 

Mereka punya koneksi dengan klien-klien besar dan bisa membantu kamu mendapatkan audisi dan casting yang sesuai dengan profil kamu. Selain itu, agensi juga bisa memberikan bimbingan dan pelatihan tambahan buat meningkatkan kemampuan kamu.

Pilih Agensi yang Cocok Untukmu

Ada banyak agensi modeling di luar sana, tapi nggak semuanya punya reputasi baik dan bisa cocok denganmu. Lakukan riset dulu sebelum memilih agensi. Pastikan agensi yang kamu incar punya track record yang baik dan sudah berhasil mengelola karir model-model lainnya. 

Jangan ragu buat tanya-tanya ke model lain atau cari ulasan di internet sebelum mengambil keputusan. Kamu bisa coba di beberapa agensi ini:

  1. Jakarta International Management (JIM)
  2. Top Model Agency
  3. Future Models
  4. Model WYNN
  5. EdgeModels Jakarta

Mulai Hunting Agensi Pilihanmu

Setelah menemukan agensi yang sesuai, kirimkan aplikasi kamu beserta portfolio kamu ya. Biasanya, agensi akan minta kamu kirim beberapa foto, termasuk headshot dan full-body shot, serta informasi pribadi seperti tinggi badan, berat badan, dan ukuran pakaian. 

Beberapa agensi juga mungkin akan minta kamu buat mengikuti audisi langsung atau biasanya disebut live casting.

Baca juga: Cara Memancarkan Inner Beauty ala Foto Model

Personal Branding

Personal Branding

Cara menjadi model sejak dini perlu punya eksposur yang bagus. Eksposur itu bisa lewat Personal Branding yang lengkap ya Models. Untuk meningkatkan eksposur dan peluang kamu di dunia modeling, kamu bisa datang di berbagai event dan audisi atau kamu bisa coba ningkatin personal branding kamu. 

Contohnya bisa termasuk fashion show, casting call, dan workshop. Datang ke event seperti ini nggak cuma membantu kamu mendapatkan pengalaman, tapi juga memungkinkan kamu bertemu dengan orang-orang penting di industri ini. Ingat, koneksi itu wajib kalau kamu pengen jadi model profesional.

Bangun Personal Brandingmu

Personal branding adalah bagaimana kamu mempresentasikan diri sebagai model. Ini termasuk gaya berpakaian, cara berinteraksi dengan orang lain, dan bagaimana kamu menjaga kehadiran online. 

Manfaatkan media sosial buat membangun personal branding kamu. Postinglah foto-foto yang menunjukkan kemampuan dan gaya kamu, serta berinteraksi dengan followers dan orang-orang di industri ini.

Jaga Reputasi

Reputasi adalah segalanya di dunia modeling. Pastikan kamu selalu bersikap profesional dan menjaga hubungan baik dengan semua orang yang kamu temui, mulai dari fotografer, stylist, sampai agen dan klien. 

Reputasi yang baik bisa membantu kamu mendapatkan lebih banyak kerjaan dan kesempatan di masa depan.

Jaga Kesehatan dan Penampilanmu

Jaga Kesehatan dan Penampilanmu

Selain belajar cara menjadi model yang bagus, kamu memerlukan tubuh yang sehat dan bugar agar bisa jadi model profesional. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. Hindari makanan yang tinggi lemak dan gula, dan perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, serta protein. Jangan lupa buat minum cukup air setiap hari.

Rutin Berolahraga

Olahraga juga penting buat menjaga kebugaran dan penampilan fisik. Temukan olahraga yang kamu nikmati, apakah itu gym, yoga, atau berenang. Rutin berolahraga bisa membantu kamu tetap fit dan menjaga bentuk tubuh yang ideal.

Rawat Kulitmu

Kulit yang sehat adalah aset penting buat seorang model. Jaga kebersihan kulit dengan rutin membersihkan wajah, menggunakan pelembap, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Perawatan kulit yang baik bisa membantu kamu tampil lebih segar dan menarik di depan kamera.

Istirahat yang Cukup

Jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup. Tidur yang cukup membantu tubuh kamu untuk pulih dan menjaga kesehatan kulit. Pastikan kamu tidur minimal 7-8 jam setiap malam agar tubuh dan pikiran kamu selalu dalam kondisi prima.

Pelajari Cara Menjadi Model Remaja dengan Tekun

cara menjadi model

Menjadi model remaja yang legit memang memerlukan usaha dan dedikasi yang tinggi. Dengan memahami dunia modeling serta tahu cara menjadi model yang tepat, kamu bisa meningkatkan peluang kamu untuk sukses di industri ini. 

Kalau kamu sungguh-sungguh dan berkomitmen, mimpi untuk menjadi model profesional bisa jadi kenyataan. Yuk pelajari lebih dalam cara menjadi model yang pas untuk kebutuhan industri saat ini!

Kalau kamu mau jadi model profesional dan mengejar kelas dunia, bisa banget ikut Sekolah modeling. Ada beragam kursus yang bisa kamu coba, mulai dari yang paling dasar sampai yang profesional. Kamu bisa coba kelas Menjadi Model Profesional Dari 0 kami.

Selamat mengejar impianmu di dunia modeling! Baca artikel terkait sekolah modeling lainnya di sini.

Leave a Comment