Tips menjaga karir modeling

Tips Menjaga Karir Modeling Agar Terus Berkembang

Memiliki karir di dunia modeling dapat menjadi hal yang menantang dan menarik. Industri modeling penuh dengan dinamika dan perubahan cepat, dibutuhkan ketangguhan dan adaptabilitas yang tinggi untuk mempertahankan dan maju dalam karir ini. Baik model katalog, catwalk, komersial, memerlukan pemahaman yang dalam terhadap setiap aspek dan karakteristiknya. Setiap spesialisasi ini memiliki tantangannya sendiri, yang tidak hanya melibatkan penampilan fisik, tetapi juga aspek lain seperti kepribadian di dalam diri.

Seiring berjalannya waktu, kompetisi di dunia modeling semakin ketat. Banyak individu berbakat berusaha menunjukkan kemampuan terbaik mereka, menciptakan lingkungan yang kompetitif. Tantangannya juga semakin beragam, mulai dari menjaga fisik dan penampilan, mengikuti tren terbaru dalam dunia fashion, hingga mengelola stres dan tekanan yang bisa datang dari berbagai sisi. Oleh karena itu, dibutuhkan kepedulian dan strategi khusus untuk menjaga dan mengembangkan karir dalam bidang ini. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Menjaga sikap dan image sebagai model
  • Tidak ragu untuk tampil di media kecil
  • Selektif memilih job
  • Jaga hubungan baik dengan client
  • Perluas relasi model
  • Siap menghadapi segala resiko dan tantangan

Berikut penjelasan detail mengenai point-point di atas secara lebih detail agar dapat membantu menjaga karir modelingmu agar terus berkembang.

Jaga Sikap dan Image Sebagai Model

Image sebagai model

Wajah cantik atau tubuh yang bagus bukanlah satu-satunya yang harus dipikirkan dunia modeling. Sikap dan cara kamu membentuk personal branding kamu juga menjadi sangat penting. Jadi, bukan hanya tentang terlihat bagus di foto atau di atas catwalk, tetapi juga tentang bagaimana kamu berkomunikasi dan bertingkah laku dengan orang lain, termasuk saat kamu tidak sedang bekerja sebagai model. Orang yang profesional, yang tepat waktu, yang siap bekerja keras, dan yang bisa bekerja dengan baik dengan orang lain, biasanya lebih disukai oleh orang-orang yang mereka kerjakan. Kamu selalu perlu menjaga sikap yang baik, bahkan saat stres atau di bawah tekanan.

Selain itu, sangat penting untuk memperhatikan cara kamu mempresentasikan diri, baik secara langsung maupun di media sosial. Kamu harus konsisten dan memiliki keunikan sendiri dalam menunjukkan diri kamu sebagai seorang model. Kamu tidak perlu untuk menyembunyikan diri kamu sendiri atau tidak berpendapat sama sekali, tetapi kamu perlu berhati-hati dalam apa yang kamu bagikan dan bagaimana kamu bertindak, terutama karena saat ini semuanya bisa dengan mudah dilihat oleh publik. 

Jangan Ragu Tampil di Media Kecil

Jangan ragu tampil di media kecil

Pada awal karir, penting untuk tidak meremehkan kesempatan yang datang dari tawaran untuk tampil di media-media kecil. Platform ini bisa menjadi titik awal yang baik untuk mengasah bakat dan kemampuan kamu sebagai model serta membangun portofolio kamu. Pengalaman dan eksposur yang kamu dapatkan dari media kecil melalui digital akan sangat berguna untuk melangkah ke project yang lebih besar. Selain itu, pengalaman ini memberi kesempatan untuk mempelajari pasang surut industri dan menyesuaikan diri dengan berbagai situasi kerja serta berbagai tipe orang.

Media kecil juga dapat berfungsi sebagai pijakan bagi kamu untuk ditemukan oleh individu yang memiliki pengaruh besar di industri. Ketika kamu menunjukkan profesionalisme, kemampuan, dan antusiasme di setiap kesempatan, kamu bisa mencuri perhatian seseorang yang mungkin memiliki akses ke proyek atau acara yang lebih prestisius. Ingatlah bahwa setiap penampilan merupakan kesempatan bagi kamu untuk membangun portofolio, jaringan, dan reputasi yang baik.

Selektif dalam Memilih Job

Selektif dalam pilih job

Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, menjadi semakin penting untuk kamu menjadi selektif dalam memilih pekerjaan. Memilih job modeling secara bijak tidak hanya tentang mempertimbangkan berapa banyak yang akan kamu dibayar, tetapi juga tentang bagaimana setiap pekerjaan akan mempengaruhi citra dari pribadi kamu di mata publik. Kamu harus mempertimbangkan apakah job tersebut menunjang arah karir yang kamu inginkan. Pertanyaan seperti, “Apakah job ini akan membawa saya ke jenis pemodelan yang saya inginkan?” harus menjadi pertimbangan utama. Memilih job yang benar-benar sesuai dengan nilai-nilai serta brand image yang ingin kamu tampilkan.

Selain itu, job yang kamu terima harus dapat memberi manfaat jangka panjang, bukan hanya keuntungan sesaat. Misalnya, sebuah job dari brand yang memiliki reputasi baik dan konsisten dengan pesan yang ingin kamu sampaikan, bisa memberikan nilai lebih dibandingkan job yang bernilai tinggi tetapi tidak relevan atau bahkan mungkin merusak reputasi kamu. 

Jaga Hubungan Baik dengan Klien

Jaga hubungan baik dengan klien

Menjaga hubungan baik dengan klien adalah aspek yang tidak kalah pentingnya dalam memastikan kesuksesan karir kamu sebagai model. Klien yang puas akan cenderung lebih mungkin untuk memberikan rekomendasikan kamu dan mengajak kamu bekerja sama lagi di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menampilkan profesionalisme di setiap kesempatan yang telah diberikan oleh mereka. Lakukan yang terbaik pada setiap tugas dengan tekun agar klien merasa dihargai. Komunikasikan kebutuhan dan keinginan mereka secara efektif, serta pastikan bahwa kamu memahami tujuan dan arah mereka dalam setiap proyek.

Menghargai waktu klien dan tim yang terlibat dalam proyek sangat penting untuk menciptakan hubungan kerja yang positif. Datang tepat waktu dan datang dengan persiapan yang baik menunjukkan bahwa kamu serius dan menghargai pekerjaan yang telah diberikan. Selalu berikan hasil terbaik kamu, dan jangan ragu untuk menanyakan jika ada aspek yang perlu ditingkatkan dalam diri kamu sebagai seorang model. 

Perluas Relasi Model

Relasi dunia model

Dalam industri modeling, jaringan atau networking merupakan kunci yang tak hanya membuka pintu ke peluang baru, tetapi juga berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi dan pembelajaran. Memperluas relasi dengan model lain, fotografer, agen model, desainer busana, stylist, dan para profesional di bidang lainnya adalah salah satu cara agar karir modeling kamu tetap terjaga. 

Menjalin hubungan baik dengan mereka dapat memberikan manfaat tidak hanya dalam bentuk referensi pekerjaan, tapi juga dalam bentuk wawasan mengenai tren terbaru, tips industri, dan pendekatan terbaik dalam bermacam aspek pekerjaan modelingmu. 

Siap Menghadapi Resiko

Siap menghadapi resiko

Karir di dunia modeling memang mempunyai berbagai risiko yang harus dihadapi dan dipersiapkan. Salah satu risiko utama di industri ini adalah risiko fisik. Beberapa pose yang sulit atau berbahaya mungkin perlu diterapkan untuk mendapatkan hasil foto atau video yang menarik. 

Selain itu, aplikasi makeup berulang kali dan menggunakan produk kosmetik yang berbeda bisa memiliki efek buruk pada kondisi kulit, seperti iritasi atau alergi. Untuk itu, seorang model harus mampu mengendalikan dan mengetahui batas-batas fisik mereka sendiri. Selalu prioritaskan keselamatan dan kesehatan, dan jangan ragu untuk berbicara jika merasa tidak nyaman dengan tuntutan tertentu. 

Menjaga Karir Modeling Agar Terus Berkembang

Demikianlah rangkuman mengenai langkah-langkah krusial untuk memastikan perkembangan karir kamu di dunia modeling. Untuk tetap relevan dan berkompetisi, sangat penting bagi kamu untuk terus berinovasi dan memperkaya pengetahuan seputar industri modeling. 

Sekolah modeling menawarkan beragam program dan kursus model yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan kamu sebagai model. Dengan mengikuti kelas-kelas ini, kamu tidak hanya akan menambah wawasan tentang berbagai aspek modeling, tetapi juga akan mengasah potensi yang kamu miliki untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan tren yang terus berubah di industri modeling.

Leave a Comment