Keuntungan sekolah modeling

8 Keuntungan Mengikuti Sekolah Modeling

Dalam dunia yang terus berkembang dengan pesat, persaingan di dunia kerja juga ikut meningkat. Tak heran jika banyak orang merasa perlu untuk memikirkan dan mengasah berbagai keterampilan demi menjaga daya saing mereka dalam persaingan karir. Diversifikasi keterampilan ini tidak saja memungkinkan individu untuk tetap relevan, tetapi juga menciptakan peluang untuk memperluas jangkauan karir dan mencapai pertumbuhan profesional yang lebih tinggi. 

Misalnya kamu, yang sedang membaca ini, tentu saja tidak hanya berfokus pada bagaimana menjadi model dan mengikuti sekolah modeling. Kamu mungkin juga mempertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan lain yang dapat mendukung karir modelingmu, seperti keterampilan berkomunikasi, kreativitas, atau bahkan keterampilan bisnis. 

Artikel kali ini akan membahas mengenai 8 keuntungan mengikuti sekolah modeling. 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Meningkatkan rasa percaya diri 

Banyak orang yang merasa susah buat percaya diri, terutama buat yang sering merasa ragu atau takut dilihat orang lain. Tapi tenang aja, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan buat mencoba ngatasin ini. Ikutan kursus modeling tuh bisa jadi salah satu cara yang bagus buat ngebantu kamu jadi lebih pede, lho. Gimana caranya? 

Kursus modeling itu gak cuma ngajarin kamu tentang gimana jadi model yang baik aja, tapi juga membantu kamu untuk lebih kenal dan terima diri kamu sendiri. Di kursus ini, kamu ditantang buat tampil dan tunjukin skill di depan orang lain, baik itu waktu latihan atau waktu tampil beneran kayak di kompetisi atau audisi. Hal ini bakal mendorong kamu buat keluar dari zona nyaman, dan lama kelamaan, kamu bakal jadi lebih pede alias meningkatkan percaya diri. Terus, lewat berbagai latihan dan masukan yang kamu dapat, kamu bakalan belajar buat terima kekurangan dan hargai kelebihan yang kamu miliki. 

Membangun Karir di Industry Bergengsi

Karir industry bergengsi

Membangun karir di industri yang bergengsi memang impian banyak orang, dan salah satu industri tersebut adalah dunia model. Tidak terbantahkan, profesi sebagai model menjadi salah satu karir paling glamor dan dihargai di berbagai belahan dunia. 

Misalkan kamu menjadi model profesional, kamu mempunyai kesempatan untuk menjadi wajah dari brand-brand besar dan terkenal. Sebagai model, kamu bisa ikut serta dalam kampanye publicitas besar, berpartisipasi dalam peragaan busana internasional, dan bekerja sama dengan desainer, fotografer, dan professional lain dalam industri ini. 

Menambah Pengetahuan dan Pengalaman

Menambah pengetahuan dan pengalaman

Kursus modeling, nggak cuma soal caranya jadi model loh. Dalam kursus ini, kamu juga bakal belajar hal-hal seru lainnya kayak public speaking, gimana cara bikin dan personal branding, sampe teknik makeup. Seru kan?

Belajar public speaking itu bermanfaat banget, bukan cuma pas kamu di catwalk, tapi juga di situasi lain dimana kamu perlu ngomong di depan banyak orang. Trus, ketika kamu belajar branding dan marketing diri, kamu bakal tahu gimana caranya ‘jual kemampuan’ kamu, nggak cuma buat dunia modeling, tapi juga profesi lain. Kamu juga bakal diajarin teknik makeup yang bisa bikin penampilanmu makin kece, baik di dunia modeling atau acara penting lainnya. 

Membangun Relasi

Membangun relasi sekolah modeling

Ada satu aspek krusial lainnya yang bisa kamu dapatkan dari les modeling, yaitu pembangunan relasi. Mengikuti les modeling akan membuka kesempatanmu untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang baru. Dari sini, kamu bisa menjalin relasi pertemanan yang baru, yang mungkin saja membuka peluang-peluang menarik di kemudian hari.

Bukan hanya relasi pertemanan, les modeling juga bisa menjadi jembatanmu untuk membangun relasi profesional, baik itu dengan rekan kerja, model-model senior, fotografer, hingga dengan brand-brand ternama. Dengan relasi yang baik dan luas, tentunya akan mempermudahmu untuk menjalin kerjasama dengan mereka. Kerjasama ini tidak hanya meningkatkan eksposur dan reputasimu sebagai model, tapi juga membuka peluang-peluang baru yang bisa mendukung pengembangan karir modelingmu.

Meningkatkan Kualitas Penampilan

Meningkatkan penampilan

Dengan mengikuti sekolah modeling kamu secara tidak langsung akan belajar untuk memperbaiki tampilan yang kamu miliki. Di sekolah modeling, kamu bakal dapet banyak ilmu nih soal fashion. Mulai dari kenalan sama tren fashion terbaru, sampe gimana cara mencocokkan gaya kamu buat berbagai macam situasi dan acara. Kamu juga bakal jadi lebih paham tentang padanan warna, bahan, dan model pakaian yang paling cocok buat tubuh dan warna kulit kamu. 

Gak cuma soal pakaian, pelajaran tentang aksesori dan make-up juga ada lho. Kamu jadi bisa tampil lebih percaya diri dengan penampilan yang mencerminkan kepribadian kamu. Selain itu, kamu bakal diajarin pentingnya grooming dan perawatan diri. Jadi, enggak cuma dari penampilan luar aja, kamu juga bakal merasa lebih baik dari dalam. 

Memperbaiki Etika Serta Karakter Pribadi

Memperbaiki etika serta karakter pribadi

Sebelum jadi model, ada sesuatu yang gak boleh kamu lupakan, yaitu etika dan sikap atau attitude. Di dunia modeling, etika dan sikap kamu itu sama pentingnya lho sama penampilan. Malah, bisa jadi penentu sukses enggaknya karier kamu sebagai model. 

Sekolah modeling akan ngajarin kamu gimana pentingnya menjaga sikap sebagai seorang model. Mulai dari hal sepele seperti datang tepat waktu (yang ternyata sangat penting ya!) sampai gimana cara berinteraksi dengan tim dengan baik. Enggak mau kan kalau terlambat terus-terusan malah bikin reputasi kamu jelek? 

Nah, kemudian kamu juga perlu belajar tentang kerja tim. Di dunia modeling, kamu harus bisa kerja sama dengan fotografer, stylist, makeup artist, dan tentunya model lainnya. Lalu, ada juga soal tanggung jawab dan dedikasi. Model itu harus sadar kalau mereka itu bagian penting dari suatu project. Jadi, dedikasi dan kerja keras kamu bisa mempengaruhi sukses enggaknya proyek tersebut. 

Kriteria Umum untuk Mendaftar Sekolah Modeling

Memang benar, sekolah modeling biasanya berusaha untuk tidak membatasi peluang bagi siapa saja yang ingin mempelajari dunia modeling, tanpa memperhatikan persyaratan fisik maupun non-fisik. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami terkait dengan aspek fisik dan non-fisik dalam dunia modeling yang bisa dipertimbangkan sebelum mendaftar ke sekolah modeling. Selanjutnya, mari kita bahas lebih lanjut.

1. Persyaratan Fisik:

Walau sekolah modeling tidak menerapkan standar fisik secara ketat, beberapa faktor fisik berikut bisa jadi hal yang perlu kamu perhatikan, di beberapa jenis modeling, tinggi dan berat badan bisa jadi hal yang diperhatikan. Namun ingat, dunia modeling semakin berdiversifikasi dan banyak model sukses dengan tinggi dan berat badan di luar standar konvensional. Jadi, jangan biarkan tinggi dan berat badanmu menghalangi impianmu!

Kamu tidak perlu tampak seperti seorang supermodel untuk belajar modeling. Namun, aspek-aspek seperti menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, akan membantumu untuk bisa mengikuti pembelajaran di sekolah modeling dengan baik.

2. Persyaratan Non-Fisik:

Persyaratan non-fisik yang dimaksud mencakup sifat dan karakter pribadi kamu. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan, Dunia modeling bisa menjadi kerja yang keras. Bisa jadi bakal ada banyak penolakan dan kritik sepanjang kariermu. Jadi, kesabaran dan ketekunan akan sangat diperlukan. Selain itu, dunia modeling selalu berkembang, dan ada sesuatu yang baru untuk dipelajari setiap harinya. Bersemangat untuk belajar dan menerima pembelajaran baru adalah kunci utama sukses.

Leave a Comment