Perawatan diri model fashion

Tips Perawatan Diri ala Model Fashion yang Penting Kamu Ketahui

Hai, Models! Kamu sudah banyak belajar tentang berbagai aspek penting dalam modeling, termasuk catwalk, pose, dan ekspresi. Namun, ada satu aspek lagi yang tidak kalah pentingnya, yang mungkin belum kamu sadari sepenuhnya, yaitu pentingnya merawat diri sebagai seorang fashion model. Kenapa sih kamu harus memperhatikan perawatan diri? 

Dalam industri fashion, kamu bukan hanya model yang berjalan di runway atau berpose di depan kamera. Kamu adalah representasi hidup dari merek atau desainer yang kamu wakili. Artinya, kamu harus selalu tampil prima, tidak hanya ketika sedang bekerja tapi juga saat berada di luar sana, di mata publik dan media. Perawatan diri yang baik menunjukkan profesionalisme kamu dan menyampaikan pesan bahwa kamu serius dalam menjalankan pekerjaan ini.

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips perawatan diri ala fashion model yang penting kamu ketahui.

Olahraga Supaya Tubuh Bugar dan Proporsional

Rajin olahraga

Olahraga teratur adalah komponen penting dalam merawat diri bagi seorang fashion model. Dalam industri yang banyak menuntut fisik, kamu perlu menjaga tubuh tetap bugar dan proporsional. Modeling bisa menuntut banyak energi. Dari mempersiapkan diri untuk pemotretan hingga berjalan di runway, setiap aspek dari pekerjaan ini membutuhkan stamina dan ketahanan yang baik. Olahraga teratur dapat meningkatkan daya tahan jantung kamu, menjaga energi kamu tetap tinggi, dan sekaligus menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam industri fashion, penampilan adalah segalanya, dan memiliki tubuh yang proporsional adalah ideal dalam pekerjaan ini. Olahraga teratur dapat membantu kamu menjaga bentuk tubuh, berat badan, dan postur yang sehat. Beberapa jenis olahraga, seperti pilates dan yoga, bahkan bisa membantu dalam meningkatkan kekencangan otot-otot inti, meningkatkan fleksibilitas, dan melancarkan peredaran darah.

Perawatan Tubuh

Perawatan tubuh

Selain melakukan olahraga, kamu juga harus menjaga tubuh kamu dengan melakukan beberapa perawatan tubuh lainnya yang bisa kamu simak di bawah ini:

1. Lulur Badan

Kulit terawat dengan sempurna adalah salah satu aset terbesar bagi model dalam dunia fashion. Untuk mendapatkan kulit yang halus, lembut, dan bersinar, banyak model menjadikan lulur badan sebagai bagian yang penting dari rutinitas perawatan kulit mereka. Lulur badan tidak hanya membantu memperbaiki tekstur kulit kamu, tetapi juga memiliki berbagai manfaat lainnya. 

Salah satu manfaat utama dari lulur badan adalah kemampuannya untuk menghilangkan sel kulit mati. Proses regenerasi kulit menghasilkan sel kulit baru, sementara sel kulit mati yang lama menumpuk di permukaan kulit. Lulur badan membantu mengangkat dan menghilangkan lapisan sel kulit mati ini, memberikan kulitmu tampilan yang lebih segar, cerah, dan sehat.

Selain itu, lulur badan juga dapat merangsang sirkulasi darah ke permukaan kulit. Ini membantu menyampaikan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit, yang dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulitmu. Sirkulasi darah yang baik juga membantu acleret dalam proses regenerasi dan penyembuhan kulit.

2. Cukur Rambut Ketiak dan Kaki

Perawatan kebersihan dasar memegang peran penting dalam rutinitas harian, terutama bagi para model yang selalu ingin tampil sempurna. Salah satu aspek penting dari perawatan ini adalah mencukur rambut ketiak dan kaki. Dengan mencukur rambut di area-area tersebut, kulit menjadi lebih mudah dibersihkan dan diperiksa. Ini mencegah kumpulan keringat dan bakteri yang dapat menyebabkan bau tidak sedap atau iritasi. 

Selain itu, kulit yang bebas dari rambut tampak lebih mulus dan bersih, memberikan pesona estetika yang lebih menarik. Hal ini sangat penting dalam dunia modelling, di mana penampilan kulit dapat memengaruhi kesan pertama serta kredibilitas profesional seorang model. 

3. Rawat Kuku Tangan dan Kaki

Kuku yang dirawat dengan baik itu penting banget, apalagi kalau kamu seorang model. Orang bisa lihat kalau kamu rajin merawat diri sendiri hanya dengan melihat kuku-kuku tangan dan kaki kamu loh. Para model biasanya selalu pastikan kuku mereka pendek dan bersih supaya kelihatan rapi. 

Coba deh, kamu juga bisa merawat kuku kamu sendiri di rumah. Gunting atau potong kuku-kuku kamu supaya nggak kelihatan kotor atau panjang. Sesekali, boleh juga tuh manjain kuku dengan pergi ke salon untuk manicure atau pedicure, yaitu perawatan kuku tangan dan kaki. 

Perawatan Wajah

Perawatan wajah

Setelah melakukan perawatan tubuh, ada perawatan lainnya juga loh yang harus kamu persiapkan, yaitu perawatan wajah. Wajah adalah hal yang sangat penting ketika kamu menjadi seorang model. Simak beberapa perawatan wajah yang bisa kamu lakukan dan persiapkan sejak sekarang:

1. Menggunakan Masker Wajah

Untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan segar, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menggunakan masker wajah. Masker wajah ini bukan cuma bisa membersihkan kulitmu dari kotoran dan debu yang menempel sepanjang hari, tapi juga bisa memberikan nutrisi dan hidrasi yang diperlukan kulit.

Namun, setiap orang punya jenis kulit yang berbeda dan kebutuhannya juga nggak sama. Coba perhatikan dan kenali dulu tuh kulit kamu itu termasuk yang mana. Misalkan, kalau kulitmu berminyak, masker yang cocok untukmu adalah yang bisa menyerap kelebihan minyak dan membuang kotoran di pori-pori. Bisa pilih masker dengan bahan-bahan seperti tanah liat atau charcoal. Kalau kulitmu kering, masker yang mengandung bahan pelembap seperti aloevera atau madu, bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Peeling Wajah

Peeling wajah adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit yang sering diabaikan, meski manfaatnya sangat besar. Proses ini melibatkan pengangkatan sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran lain yang menumpuk di permukaan kulit dan dapat menyumbat pori-pori. Menyumbatnya pori-pori ini bisa memicu masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Dengan melakukan peeling, kulit kamu akan terasa lebih halus karena proses ini membantu regenerasi kulit. Lapisan kulit mati yang sudah tidak berguna bisa terangkat, dan memberikan ruang bagi sel-sel kulit baru untuk tumbuh. Hal ini akan membuat wajah kamu terlihat lebih cerah dan sehat.

3. Jangan Lupa Basic Skincare

Memiliki kulit yang sehat dan bersinar itu penting banget, terlebih lagi untuk orang yang sering tampil di depan umum. Nah, para model yang sering muncul di majalah atau TV juga gitu, mereka pasti rajin banget merawat kulit mereka. Ada beberapa langkah dasar dalam merawat kulit yang nggak pernah mereka lewatkan, yaitu cuci muka, pakai pelembab, dan oles sunscreen.

Cuci muka itu penting buat ngangkat kotoran atau sisa make up yang bisa bikin pori-pori tersumbat. Para model biasanya pakai sabun cuci muka yang cocok sama jenis kulit mereka biar muka tetap sehat. Habis itu, wajib banget pakai pelembab. Pelembab ini bikin kulit kita kenyal, segar, dan cerah. Selain itu, pelembab juga bisa melindungi kulit kita dari hal-hal yang bisa merusaknya, kayak polusi atau cuaca yang nggak menentu.

Terakhir, jangan lupa pakai sunscreen. Mungkin keliatannya sepele, tapi sunscreen itu penting banget untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari yang bisa bikin kulit rusak atau cepat tua.

Perawatan Rambut

Perawatan rambut

Rambut yang terawat dengan baik memang bisa bikin kita makin percaya diri. Biar rambut tetap sehat dan berkilau, penting banget buat kita milih shampoo dan conditioner yang pas dengan jenis rambut kita. Misalnya, kalo rambut kamu kering, cari yang ada kandungan pelembabnya. Kalo rambut kamu berminyak, cari shampoo yang bisa mengontrol minyak di kulit kepala.

Tapi perawatan rambut nggak cukup cuma sampai di situ. Meski udah pakai shampoo dan conditioner, rambut juga perlu nutrisi lebih lewat perawatan tambahan kayak creambath atau hair mask. Creambath itu sendiri biasanya dilakuin di salon, dengan nutrisi yang dimassage ke kulit kepala dan rambut, ngebantu banget untuk relaksasi dan ngembaliin kelembapan rambut. Nah, kalau hair mask tuh kayak masker buat muka, tapi ini untuk rambut. Gunain hair mask itu bisa seminggu sekali di rumah untuk mendalaminya nutrisi dan menjaga agar rambut tetap lembut serta mudah diatur.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai tips perawatan diri ala model fashion yang bisa kamu coba di rumah. Nah, jika kamu menyukai artikel ini. Kamu bisa membaca artikel lainnya di halaman Sekolah Modeling. 

Leave a Comment