Perkiraan biaya sekolah modeling

Berapa Perkiraan Biaya Sekolah Modeling di Indonesia?

Apa kamu udah mulai bosan dengan kerjaan yang sekarang? Pengen coba sesuatu yang baru dan beda dari biasanya? Nah, kalau kamu suka foto-foto, kenapa nggak mencoba kursus modeling?

Di Indonesia ada banyak banget lho tempat kursus modeling, mulai dari yang online sampai yang offline. Gimana, tertarik nggak? Oh iya, kalau kamu malu-malu atau takut buat coba, bisa kok mulai nguprek sendiri tentang dunia modeling dari media sosial atau internet.

Setelah kamu paham, barulah kamu bisa mulai cari tahu berapa sih biaya kursus modeling di Indonesia. Tenang, kita di sini juga bakal bantu kamu untuk ngasih tau apa aja yang bisa kamu dapatkan saat ikut kursus modeling dan detail biaya apa aja yang perlu kamu siapin. Yuk, stay tuned terus ya!

Macam-Macam Program Sekolah Modeling

Pertama-tama, kita akan membahas berbagai jenis program yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti kursus modeling. Memahami program ini sangat penting, karena hal ini akan membantu kamu mengetahui kelas mana yang paling cocok untuk diikuti dan bagaimana cara mempersiapkan diri kamu.

1. Kursus Model Pria 

Kursus model pria 

Banyak orang beranggapan bahwa hanya perempuan yang dapat mengikuti kursus modeling. Namun, kenyataannya, pria juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi model. Di negara-negara Barat, profesi sebagai model pria bukanlah hal yang dianggap tabu atau aneh. Bahkan, banyak brand besar yang membutuhkan model pria untuk memeragakan busana mereka.

2. Kursus Model Wanita

Kursus model wanita 

Tidak bisa dipungkiri bahwa kursus model perempuan memang menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Pasalnya, industri terkait perempuan seperti makeup, fashion, dan lain-lain memiliki pasar yang sangat luas dan terus berkembang. Perusahaan-perusahaan besar dalam berbagai industri khususnya fashion dan kosmetik seringkali memerlukan model perempuan untuk memasarkan produk mereka. Bukan hanya lokal, berbagai brand internasional juga membutuhkan model perempuan dalam pemasaran produk mereka.

3. Kursus Model Remaja

Kursus model remaja

Kursus model remaja merupakan kursus khusus yang dirancang untuk melatih remaja yang berminat untuk menjadi model. Kursus ini memiliki perbedaan signifikan dibandingkan kursus model laki-laki atau perempuan dewasa, baik dari segi materi, cara pengajaran, dan tujuan akhir.

Remaja memiliki karakteristik dan ekspresi yang berbeda dengan dewasa. Mereka umumnya memiliki energi, keceriaan, dan kualitas ‘youthful’. Kursus ini dirancang untuk mengembangkan dan memaksimalkan sisi ‘youthful’ ini. Para remaja akan diajarkan cara mengekspresikan diri dengan cara yang otentik dan energetik, tanpa kehilangan esensi mereka sebagai remaja. Untuk model kategori remaja biasanya berusia 12-15 tahun.

4. Kursus Model Anak

Daftar sekolah modeling anak

Kursus model anak adalah program pelatihan khusus yang dibuat untuk anak-anak yang berminat di dunia modeling. Sesuai dengan namanya, kursus ini berfokus pada pelatihan dan pengembangan keterampilan modeling pada anak-anak. Program ini dirancang untuk menjembatani antara minat dan potensi mereka ke dalam dunia modeling yang professional.

Dalam kursus ini, anak-anak diajarkan berbagai keterampilan penting yang dipersyaratkan dalam industri modeling. Materi yang diajarkan mulai dari teknik berjalan di catwalk dengan gaya yang sesuai dengan usia mereka. Untuk model anak biasanya berkisar dari usia 5-11 tahun. 

Macam-Macam Materi Kursus Model

Kemudian setelah kamu memahami mengenai macam-macam program kursus modeling, saatnya kamu masuk ke dalam pembahasan mengenai macam-macam materi kursus model. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Materi Catwalk

Salah satu materi dasar yang diajarkan dalam dunia modeling adalah catwalk. Di materi ini, kamu akan belajar banyak hal, lho! Mulai dari bagaimana menjaga postur tubuh yang baik saat berjalan, ritme langkah kaki, sampai ekspresi wajah yang tepat saat berada di atas panggung. Semua ini penting supaya kamu bisa tampil percaya diri dan mempesona saat berjalan di catwalk. 

2. Materi Photoshoot

Selain catwalk, ada juga materi menarik yang nggak kalah penting, yaitu “Photoshoot”. Di materi ini, kamu akan diajarkan cara berpose dan berekspresi di depan kamera supaya hasil fotomu kelihatan menawan dan profesional. Kamu bakal diajarin teknik-teknik untuk untuk berekspresi dan bergaya sesuai dengan kebutuhan brand.

3. Tata Cara Berpakaian

Tak hanya itu, materi tentang cara berpakaian juga sangat penting, lho! Ada pepatah yang bilang, “cara kamu berpakaian mencerminkan kepribadianmu”. Nah, sebagai seorang calon model, kamu harus bisa tampil menarik melalui gaya berpakaianmu. Oleh karena itu, kursus modeling nggak lupa mengajarkan materi ini. Kamu akan belajar cara memilih pakaian yang tepat dan cocok untuk acara atau sesi pemotretan, bagaimana mengkombinasi warna dan aksesori yang pas. 

4. Tata Rambut dan Make Up

Materi lain yang kamu bakal pelajari adalah penataan rambut dan make up dasar. Betul, dalam beberapa kegiatan seperti photoshoot atau runway, biasanya ada make up artist yang akan membantumu dengan riasan dan gaya rambut. Kadang, kamu harus bisa dan siap merias diri sendiri. Nah, inilah pentingnya materi ini. Kamu bakal belajar cara menata rambut dan melakukan make up dasar yang menunjang penampilanmu. 

5. Etika Dunia Modeling

Materi yang juga nggak kalah penting dalam kursus modeling adalah etika sebagai seorang model. Di sini, kamu akan belajar tentang hal-hal seperti cara berdiri dengan benar, berbicara dengan sopan, dan cara merepresentasikan diri dengan baik. Kenapa ini penting? Karena nantinya, di dunia kerja, kamu nggak akan bekerja sendiri, lho. Kamu bakal butuh bekerjasama dengan banyak orang, seperti fotografer, desainer, dan model lainnya. 

Perkiraan Biaya Sekolah Model

Perkiraan biaya sekolah model

Untuk kelas Anak – Remaja basic, umumnya dikenakan biaya registrasi sebesar Rp 3.500.000 dan biaya sebelum mulai kelas sebesar Rp 2.975.000, totalnya harus membayar dulu Rp 6.475.000. 

Untuk kelas Dewasa tingkat advanced, umumnya dikenakan biaya registasi sebesar Rp 2.500.000 dan biaya sebelum mulai sebesar Rp 2.500.000, sehingga totalnya Rp 5.000.000.

Ada juga kursus modeling per-jam. Menurut beberapa info, biaya rata-rata dari sekolah modeling adalah sebesar Rp 200,500 / jam. Perlu diingat, ini hanya perkiraan biaya, jadi masing-masing sekolah modeling ada yang menawarkan biaya sekolah modeling lebih murah, atau bahkan lebih mahal. Tarif masing-masing juga ditentukan oleh pengalaman mengajar guru modeling, materi yang didapat, serta reputasi sekolah modeling itu sendiri. 

Cara Memilih Sekolah Modeling Terbaik

Memilih sekolah modeling terbaik tidaklah sulit, kamu cukup memahami diri kamu sendiri. Pemahaman diri sendiri ini mencakup kebutuhan materi yang ingin kamu pelajari serta cara apa yang paling cocok untuk kamu memulai les model. Ada beberapa orang yang takut untuk mulai les modeling karena takut tidak bisa mengikutinya. 

Nah, solusi untuk permasalahan ini adalah kamu bisa coba dulu ambil les modeling online. Dengan begitu kamu tidak perlu merasa takut lagi, kamu bisa memahami modeling lebih awal sebelum nantinya kamu memutuskan untuk mengambil les model offline.

Persyaratan untuk Mendaftar Sekolah Modeling

Untuk mendaftar di sekolah modeling, nggak ada persyaratan khusus yang dibutuhkan. Yang paling penting adalah keberanianmu untuk belajar dan konsistensi di dalam menjalani proses belajar. Sekolah modeling ini membuka kesempatan bagi siapapun di seluruh Indonesia untuk memulai karir di dunia modeling.

Faktor-faktor seperti tinggi badan, berat badan, dan bentuk tubuh nggak menjadi hambatan, lho. Kamu bahkan bisa melakukan konsultasi dengan administrator dari sekolah modeling untuk mendapatkan saran tipe kelas yang paling cocok untukmu.

Tertarik untuk Daftar Sekolah Modeling?

Jika kamu berminat untuk mendaftar les di Sekolah Modeling, kamu bisa langsung kontak admin via sosial media. Mereka akan membantumu memilih program yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. 

Setelah kamu terdaftar dalam program di sekolah modeling, kamu akan diberikan akses ke dalam komunitas modeling dan agency model, yang bisa membantu kamu merintis karir sebagai model. Jadi, jangan tunggu lagi, yuk daftar sekarang!

Leave a Comment