Jadi model remaja

Inilah Cara Jadi Model Remaja Profesional. Simak Selengkapnya!

Hai Models, di dunia yang serba digital ini, pesona dan karisma model Hollywood seperti Kylie Jenner dan Kendall Jenner sering kali menjadi inspirasi bagi banyak remaja. Scrolling melalui feed Instagram atau TikTok, mungkin kamu pernah terpukau oleh aura dan gaya mereka yang ikonik. Pernahkah terbersit dalam pikiranmu, “Bagaimana ya rasanya menjadi seperti mereka?” Atau, “Apa yang harus aku lakukan untuk mencapai keberhasilan serupa?”

Jika kata-kata itu sering menggelayut di benakmu, maka berarti kamu sudah berada di jalur yang tepat dengan membaca artikel ini. Terlebih lagi bagi kamu yang masih berusia remaja. Remaja memang adalah masa di mana kita sedang berada pada puncak perkembangan baik secara fisik maupun mental. Masa inilah yang merupakan waktu emas untuk belajar hal-hal baru, termasuk dunia modeling yang penuh warna.

Artikel kali ini akan mengulas lebih detail mengenai cara menjadi model remaja profesional yang barangkali bisa membantu karir kamu kedepannya. 

Ketahui Rentang Usia Model Remaja

Rentang usia model remaja

Menyelami dunia modeling sejak remaja merupakan kesempatan berharga untuk membentuk karier yang solid dan dinamis di industri fashion dan entertainment. Sebelum mengarahkan fokus kepada strategi langsung untuk mencapai impianmu menjadi model remaja, sangat penting untuk memahami latar belakang dasar dan struktur dari industri ini, termasuk pengetahuan esensial mengenai rentang usia model remaja. Rentang usia remaja, yang berada di antara 13 hingga 19 tahun, sering kali dianggap sebagai fase transisi yang krusial, dimana individu bertransformasi dari anak-anak menuju dewasa. 

Ini adalah fase di mana fisik dan kepribadian seseorang mengalami perkembangan pesat, menawarkan variasi dan kematangan ekspresi yang unik dan berharga bagi industri. Memahami celah usia ini bukan hanya tentang mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai karier di modeling, tetapi juga tentang menganalisa peluang yang ada, mengidentifikasi di mana potensi terbesar kamu berada, dan memetakan rencana untuk mengembangkan bakat serta keterampilanmu. 

Komunikasikan dengan Orang Tua

Komunikasi dengan orang tua

Banyak dari kita sering menemui kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang tua, terutama ketika menyampaikan mimpi dan ambitions kita. Jika kamu merasa memiliki bakat dan minat yang kuat di bidang modeling, mungkin sudah saatnya untuk berbagi harapan tersebut dengan orang tua kamu. Memang, bisa jadi ini sedikit menantang, mengingat mencoba memasuki industri modeling dapat menimbulkan berbagai pertimbangan dan kekhawatiran. Orang tua mungkin saja merasa khawatir karir modeling ini akan mengganggu sekolah, kegiatan lainmu, atau mungkin saja mereka memiliki persepsi tersendiri tentang dunia model.

Orang tua yang open minded dan mendukung akan sangat membantu dalam merintis karier modelingmu. Mereka tidak hanya menyediakan dukungan moral, namun juga memungkinkan saran dan bimbingannya didasarkan pada pengalaman hidup mereka, dapat menjadi panduan berharga dalam menavigasi industri ini. Beberapa bisa saja menyarankan untuk mengambil kelas atau kursus modeling, yang tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan dan mempersiapkanmu sebaik mungkin untuk masuk ke dunia modeling. 

Ikuti Workshop atau Kelas Modeling

Ingin jadi model dan bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir! Salah satu caranya yaitu coba ikutan workshop atau kelas modeling. Bayangin aja, ini kesempatan buat kamu ketemu sama orang-orang yang punya minat sama, bahkan model-model yang udah pro. Tempat nyari kelasnya? Gampang banget! Cek deh di media sosial atau langsung tulis aja di Google. Pasti bakal banyak pilihan yang muncul di layar kamu. 

Sebelum nyebur langsung ke kelas modeling yang ada di tempat-tempat atau studio, coba deh pelajari dulu dasar-dasarnya lewat internet. Sekarang kan zaman sudah canggih, banyak banget sumber online gratis yang bisa kasih kamu ilmunya. Ini bakalan jadi bekal yang ngebantu banget saat nanti kamu mulai belajar langsung alias offline. Kamu jadi nggak terlalu kaget dengan materi yang diajarin dan bisa lebih cepat masuk dalam alur belajarnya. 

Ikut Sekolah Modeling misalnya akan ngebantu banget dalam proses belajar kamu. Sekolah Modeling punya kursus model online dalam bentuk video yang bisa kamu akses dimana saja dan kapan saja. Selain itu kita juga punya forum modeling yang bakalan ngasi saran kalau kamu ada kesusahan dalam proses pembelajaran.

Belajar Fashion dari Sosial Media

Di era digital saat ini, belajar tentang fashion bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari genggaman tangan kamu sendiri. Ya, lewat handphone! Kamu, terutama yang masih remaja dan memiliki banyak waktu luang, bisa banget memanfaatkan waktu kira-kira satu jam setiap hari untuk ngulik dunia fashion lewat sosial media. Mulai dari Instagram, TikTok, hingga Pinterest, banyak sekali akun-akun atau halaman yang khusus membahas tentang fashion. Dari tips memadukan outfit, mengikuti tren terbaru, hingga cara memilih aksesori yang tepat, semuanya ada!

Mempelajari fashion dari sosial media bukan cuma menambah wawasan kamu soal gaya busana aja, tapi juga bermanfaat besar buat kamu yang punya cita-cita jadi model profesional. Dengan terus update tentang dunia fashion, kamu jadi lebih paham gaya apa yang sedang hit, bagaimana pose yang baik sesuai jenis busana yang dipakai, dan tentunya kamu menjadi lebih percaya diri. 

Mulai Ikuti Kompetisi Model

Jangan hanya berhenti di latihan doang, ya! Satu langkah besar lagi buat kamu yang serius pengen terjun ke dunia model adalah dengan mengikuti kompetisi model. Ada banyak banget kompetisi atau kontes model yang bisa kamu temuin, mulai dari level lokal sampai internasional. Dengan ikut serta dalam kompetisi seperti ini, kamu bukan hanya bisa ngetest kemampuanmu berdiri di atas panggung atau berpose di depan kamera, tapi juga bisa menilai seberapa jauh skills modeling yang sudah kamu kuasai.

Tapi, tau nggak sih, manfaat ikutan kompetisi model itu tidak cuma seputar skill aja lho. Salah satu keuntungan terbesar dari mengikuti event ini adalah kesempatan untuk membangun rasa percaya diri. Belum lagi, berpartisipasi di kompetisi model juga bisa jadi cara yang bagus buat menambah kenalan atau networking dalam industri fashion dan modeling. Siapa tahu, kamu bisa ketemu dengan para profesional yang nantinya bisa memberi kamu kesempatan kerja atau bahkan mentor yang bersedia membimbing karir modelingmu. 

Coba Membuat Portofolio Sederhana

Untuk jadi model profesional, kamu harus menampakkan diri sehingga brand-brand atau fashion desainer terkenal bisa lihat potensi di dalam diri kamu. Cara untuk memasarkan diri kamu adalah dengan membuat portofolio. 

Nah, beberapa tempat les model biasanya akan membantu siswanya untuk membuat portofolio sederhana. Tetapi, kalaupun tidak. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dengan datang ke studio foto dan mencari referensi portofolio melalui sosial media. 

Kalau kamu serius pengin terjun ke dunia model, penting banget loh buat kamu punya yang namanya portofolio. Portofolio ini kayak presentasi dirimu, dimana kamu bisa pamerin segala potensi yang kamu punya ke brand-brand keren atau para desainer fashion yang top. 

Biasanya, kalau kamu ikut les atau kursus modeling, mereka akan ngasih bantuan atau panduan gimana caranya bikin portofolio yang menarik. Tapi, kalau misalnya di tempat les kamu nggak ada fasilitas seperti itu, jangan sedih! Kamu masih bisa kok bikin portofolio sendiri. Caranya? Cukup simpel.

Pertama, kamu bisa mulai dengan dateng ke studio foto. Pilih studio yang memang punya pengalaman bikin portofolio model, jadi mereka udah tau apa yang perlu dilakuin biar hasil fotomu kelihatan wow! Nah, sebelum dateng ke studio, alangkah baiknya kamu udah punya gambaran atau referensi portofolio yang kamu mau. Kamu bisa cari inspirasi portofolio-model keren di Instagram, Pinterest, atau bahkan TikTok. Liat deh gaya foto apa yang lagi tren, pose-pose yang menarik, atau tema yang unik. 

Mulai Karir Jadi Model Remaja Profesional

Nah, udah baca kan beberapa tips buat kalian yang pengen banget jadi model remaja? Coba deh cek, tips mana nih dari yang tadi belum kamu coba? Jangan tunggu lama-lama, yuk mulai sekarang biar nggak ketinggalan kereta! Eits, tapi kalau masih bingung harus mulai dari mana, jangan pusing. Kamu gak usah segan buat minta saran sama kita di Sekolah Modeling. Disini, kita siap kasih kamu tips yang cocok banget dengan pengalamanmu.

Plus, kalo kamu serius pengen belajar lebih jauh, cobain deh gabung kelas model di Sekolah Modeling. Disini kamu bisa dapetin ilmu dasar-dasar modeling yang oke punya. Dari cara jalan yang bener sampai pose yang paling oke untuk portofolio. Eksplor bakatmu dan temukan potensi terpendam yang mungkin selama ini belum kamu sadari.

Leave a Comment