Jadi model baju online

Hobi Foto Dibayar? Berikut Tips Jadi Model Baju Online

Hai Girls, kamu suka foto-foto? Siapa sangka, kegemaranmu ini bisa jadi sumber uang, lho! Yes, benar banget! Di era digital yang super canggih ini, banyak banget jalan untuk mengubah hobi kita menjadi sesuatu yang menguntungkan. Salah satunya, nih, bagi kamu yang doyan banget ambil foto, kamu bisa lho mulai merambah dunia modeling baju secara online. Kedengarannya keren, kan?

Capai mimpi kamu untuk mendapat penghasilan dari hobi ini. Gimana caranya? Simpel! Kamu cuma perlu paham gimana strategi buat mengubah setiap jepretan jadi sesuatu yang bisa diajarkan ke dunia, sekaligus mendatangkan pundi-pundi. Selain itu, brands atau perusahaan fashion sekarang juga lagi banyak banget nyari influencer atau model baju online yang bisa mereka gandeng untuk promosiin produk mereka. 

Berikut merupakan tips yang kami rangkum buat kamu yang pengen jadi model baju online.

Mulai dari Bantu Teman Promosiin Jualan Mereka

Bantu teman promosiin jualan mereka

Mungkin, kamu bertanya-tanya, “Dari mana ya, aku harus mulai?” Nah, salah satu langkah awal yang bisa kamu ambil tanpa harus keluar banyak biaya adalah dengan membantu mempromosikan bisnis teman-temanmu yang senang bergelut di dunia fashion online atau punya toko pakaian sendiri. Ini adalah kesempatan emas buat kamu!

Saat temanmu sedang mencari model untuk mempromosikan koleksi terbaru mereka, tawarkan diri kamu untuk membantu. Tidak apa-apa awalnya kamu tidak dibayar, karena tujuan utamamu di sini adalah untuk membangun relasi, pengalaman, dan tentunya, portfolio. Ketika kamu sering muncul di sosial media bisnis fashion, perlahan namamu akan dikenal sebagai model baju online.

Saat foto-fotomu telah diunggah oleh temanmu di sosial media bisnisnya, mintalah mereka untuk men-tag akun pribadi kamu. Cara ini akan membuat follower bisnis temanmu sadar akan keberadaanmu dan tidak tertutup kemungkinan mereka akan mengikuti akunmu. Dengan begitu, jangkauan audience kamu akan semakin luas. 

Pastikan Akun Sosial Media Selalu Aktif

Pastikan sosial media selalu aktif

Di dunia yang serba digital ini, kalau kamu pengen dilirik sama brand-brand keren untuk jadi model baju online, kamu perlu banget aktif di sosial media. Gak cukup dengan post-post biasa aja, loh. Kamu harus tunjukkan gaya fashion kece kamu lewat foto-foto yang wow. Ingat, kualitas itu penting, ya! Gak ada salahnya loh, sekali-sekali pakai jasa fotografer biar hasil fotomu makin keren. 

Kamu juga harus punya ‘tema’ buat feed sosial mediamu, biar orang yang liat langsung paham gaya kamu itu seperti apa. Plus, jangan jadi silent reader aja. Interaksi sama followers itu juga penting untuk bangun koneksimu sama mereka. Siapa tau, dari sini bisa ada opportunity yang muncul.

Nah, kalau udah mulai posting, yuk rajin-rajin pakai hashtag yang lagi trending dan jangan lupa tag brand yang produknya kamu pakai. Siapa tahu brand tersebut kepincut dan tertarik untuk kolaborasi sama kamu. Kalau kamu udah pernah kerja sama dengan sebuah brand, jangan sia-siakan kesempatan itu. Tunjukkan hasil kerja samamu di sosial media, ini bisa jadi portfolio online kamu loh.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu cek dan analisa mana post yang paling disukai oleh followersmu. Dengan begini, kamu bisa tahu apa yang disukai dan bisa lebih sering post konten-konten yang serupa. 

Punya Baju Branded? Tag Brand Tersebut 

Punya baju branded? tag brand tersebut 

Jika kamu memiliki baju atau aksesori dari brand yang kamu sukai, kenapa tidak memanfaatkan itu untuk menarik perhatian mereka? Begini caranya:

  1. Pilih Produk yang Tepat

Pilih baju atau aksesori branded yang kamu punya dan yang paling kamu sukai. Pastikan pula bahwa brand tersebut selaras dengan gaya dan image yang ingin kamu tampilkan kepada pengikutmu di sosial media.

  1. Foto dengan Baik

Buatlah foto yang menampilkan bagaimana kamu mengenakan produk tersebut. Ingat, kamu sedang mencoba menunjukkan kepada brand tersebut (dan juga followermu) bahwa kamu bisa tampil cantik atau ganteng dan stylish dengan produk mereka. Jadi, pastikan foto kamu menarik dan berkualitas!

  1. Buat Caption yang Menarik

Tulislah caption yang menceritakan pengalaman kamu menggunakan produk tersebut, atau kamu bisa juga bercerita mengapa kamu menyukai produk tersebut. Jangan lupa untuk menunjukkan antusiasme dan keaslian dalam captionmu.

  1. Tag Brand Tersebut

Ini adalah bagian penting, jangan lupa menandai atau tag brand tersebut. Dengan cara ini, kamu memberitahu brand bahwa kamu suka dengan produk mereka dan kamu menunjukkan kepada mereka bahwa kamu bisa menjadi seorang model yang baik untuk mereka.

Bikin Highlight Hasil Kerjasama Brand Lain

Bikin highlight hasil kerjasama brand lain

Memiliki kerjasama dengan suatu brand adalah pencapaian yang hebat bagi seorang influencer atau model online. Nah, biar pencapaian ini berdampak lebih jauh, yuk optimalkan penggunaan highlight di Instagram kamu. Misalkan kamu sudah beberapa kali bekerja sama dengan brand-brand, buat satu highlight khusus yang kamu abadikan dengan nama “Collabs” atau “Partnership”. Menggunakan nama yang langsung mengarah ke isi highlight akan membuat orang yang penasaran langsung tahu di mana mereka bisa melihat kerjasamamu dengan berbagai brand.

Dalam highlight tersebut, susun materi dari awal kerjasama hingga hasil akhirnya. Misalnya bisa dimulai dari unboxing produk, proses syuting atau pemotretan, hingga postingan final yang kamu upload. Ini akan memberi gambaran lengkap kepada brand lain tentang bagaimana kamu bekerja. Jika ada, sertakan testimoni dari brand yang pernah bekerja sama denganmu. Ini bisa dalam bentuk screenshot email, pesan, atau bahkan video singkat. Testimoni positif akan meningkatkan credibilitasmu di mata brand lain. 

Pelajari Angle Mana yang Bagus Buat Kamu

Angle mana yang bagus buat kamu

Mencari tahu angle foto yang paling oke buat kamu bisa jadi hal yang menarik, lho! Tidak semua angle itu cocok buat semua orang. Jadi, penting banget buat kita buat tahu angle mana yang bisa bikin kita kelihatan kece maksimal. Nah, gimana cara cari tahu? Yuk, kita coba main-main dengan pose dan angle pas foto. 

Cobain deh, gonta-ganti angle pas foto. Dari yang rendah sampai yang tinggi, dari depan sampai samping. Seru kan bisa lihat perubahan penampilanmu dengan berbagai cara! Setelah puas main-main dengan berbagai pose, saatnya buat ngelihat hasilnya. Bandingin deh, foto mana yang bikin kamu bilang, “Wah, ini kece!” Kamu pasti akan mulai ngerti nih, angle mana yang paling jadi andalanmu.Kita hidup di zaman serba canggih, kenapa nggak manfaatin teknologi buat bantu kita? Pakai kamera atau HP yang layarnya bisa diputar buat lihat hasil foto langsung. Atau, coba gunain aplikasi edit foto buat lihat perbedaan angle yang kamu coba. Seru, kan?

Tips jadi Model Baju Online

Ingat, menjaga profesionalitas kamu selama berinteraksi dengan brand itu penting. Kamu juga harus memastikan bahwa foto-foto kamu adalah representasi yang baik dari diri kamu dan gaya kamu. 

Jangan lupa untuk terus berpikir kreatif dan inovatif. Lebih banyak lagi tips menjadi model baju online yang bisa kamu pelajari seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengalaman kerja sama dengan berbagai brand. 

Kalau kamu suka artikel ini, kamu bisa baca artikel lainnya seputaran dunia modeling di Sekolah Modeling.

Leave a Comment