Tips merintis karir modeling

Deretan Tips Buat Kamu yang Mau Merintis Karir Modeling

Memasuki dunia modeling dapat terlihat seperti menjelajahi hutan yang padat dan penuh misteri. Banyak yang merasakan pesonanya, namun hanya sedikit yang tahu jalur mana yang harus dilalui untuk bisa menaklukkan panggung tersebut. Jika kamu merasa terpanggil oleh dan ingin mengambil karir dalam industri modeling, maka bersiaplah untuk memasuki arena penuh tantangan dan kejutan.

Dengan industri yang terus berkembang dan selalu mencari wajah baru, peluang untuk terjun ke dalam modeling terbuka lebar bagi siapa saja yang memiliki kombinasi antara bakat, kerja keras, dan komitmen. Artikel kali ini akan membagikan tips mengenai cara merintis karir modeling khusus untuk kamu.

Tentukan Jenis Model yang Kamu Ingin Lakukan

Pilihan pertama yang harus kamu lakukan adalah memutuskan jenis modeling yang kamu inginkan. Ini tergantung pada berbagai faktor termasuk penampilan fisik, kepribadian, dan tujuan karir kamu. Berikut adalah beberapa jenis model yang patut kamu ketahui:

1. Model Foto

Foto model

Model foto adalah bagian tak terpisahkan dari industri fashion dan periklanan. Mereka adalah wajah yang kita lihat di halaman majalah, iklan produk, dan kampanye brand. Model foto memiliki peran penting dalam menciptakan citra brand. Dalam model foto, standar kecantikan dan fisik seringkali lebih fleksibel dibanding dengan model runway. Faktor seperti tinggi badan, meskipun penting, seringkali kurang kritis dibandingkan dengan kehadiran kamera dan bentuk tubuh. Model foto harus pintar menggunakan tubuh dan ekspresi wajah mereka untuk mengekspresikan konsep atau cerita.

2. Model Catwalk

Model catwalk

Model catwalk, atau juga dikenal sebagai model runway, adalah salah satu bagian paling terkenal dari industri fashion. Mereka adalah para model yang berjalan di catwalk dalam berbagai acara fashion, seperti fashion week dan peragaan busana dari desainer terkenal. Kebanyakan orang berpikir tentang model catwalk ketika mereka mendengar kata “model”, dan memang, model-model ini sering menjadi pusat perhatian dalam dunia fashion.

Model catwalk sering dituntut untuk memenuhi persyaratan fisik yang yang ketat dan spesifik. Ini biasanya termasuk kriteria tinggi badan, biasanya minimal 5’8″ (173 cm) untuk wanita dan 5’11” (180 cm) untuk pria, serta bentuk tubuh yang sangat ramping dan proporsional. Namun, beberapa brand dan desainer modern mulai memperluas batasan tersebut untuk mendorong keberagaman dalam industri. Standar ini ada karena desainer clothing biasanya membuat ukuran sample yang akan ditampilkan pada model pada acara fashion, dan model tersebut harus sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh yang ideal.

3. Model Iklan

Belajar jadi model iklan

Model iklan memiliki peran penting dalam dunia pemasaran dan periklanan. Mereka merupakan wajah yang mewakili berbagai produk dan layanan, mulai dari fashion, kosmetik, peralatan elektronik, hingga jasa keuangan. Mereka membantu mengkomunikasikan pesan, nilai, dan emosi dari suatu merek kepada konsumen, dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan membangun kesadaran merek yang kuat.

Salah satu faktor yang membedakan model iklan dari model foto atau catwalk adalah keragaman penampilan dan ukuran tubuh yang lebih besar. Sebagai representasi konsumen potensial, model iklan sering kali tidak harus memenuhi standar fisik yang ketat yang diharapkan dari model foto atau catwalk. Industri periklanan menghargai keberagaman dalam hal usia, etnisitas, tinggi badan, bentuk tubuh, dan kecantikan. 

4. Model Katalog

Model katalog

Model katalog adalah profesi yang berfokus pada pemotretan untuk katalog produk, baik itu cetak atau digital. Dalam pemotretan ini, fokus utamanya adalah produk, bukan model. Model katalog biasanya digunakan untuk mempromosikan pakaian, aksesori, furnitur, barang-barang rumah tangga, dan banyak lagi. Dalam profesi ini, tugas utama model adalah mempersentasikan produk dengan cara yang menarik.

Model katalog perlu memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai pose dan menunjukkan berbagai ekspresi wajah, semua untuk menyoroti fitur dan manfaat dari produk yang dipromosikan. Pose yang tepat dan ekspresi wajah yang sesuai dengan mood atau tematik produk bisa sangat memengaruhi bagaimana konsumen memandang produk tersebut. 

Pelajari Industri Model 

Setelah menentukan jenis modeling, penting bagi kamu untuk mempelajari industri ini. Mulai dari mengetahui bagaimana agen bekerja, hingga memahami hak-hak dan tanggung jawab seorang model. Jangan lupa untuk selalu update informasi terkini tentang industri modeling. Misalnya, memahami kontrak dan kesepakatan kerja, mengetahui hakmu dalam hal penggunaan gambar dan perlindungan dari eksploitasi, serta memahami tanggung jawabmu untuk tetap menjaga penampilan dan kesehatan.

Sejalan dengan itu, mengupdate diri dengan informasi dan tren terkini adalah kunci agar tetap relevan di industri modeling. Dunia fashion dan periklanan selalu berubah dan berkembang, dengan tren baru muncul setiap saat. Tetap terinformasi akan membantu kamu memahami ke mana arah pasar dan apa yang dicari oleh merek dan agensi, sehingga kamu bisa menyesuaikan diri dan meningkatkan keterampilanmu sesuai kebutuhan.

Bangun Portofolio yang Profesional

Portofolio merupakan bagian esensial dalam karir seorang model, berfungsi sebagai showcase untuk menampilkan penampilan dan pengalamanmu. Sebuah portofolio yang baik tidak hanya menampilkan paras yang menarik atau tubuh yang ideal, tetapi juga memperlihatkan keterampilanmu dalam mengekspresikan diri di depan kamera dan kemampuanmu untuk merubah penampilan sesuai dengan kebutuhan klien. 

Jenis foto yang harus disertakan dalam portofolio adalah headshot atau foto wajah close up, foto badan penuh, dan rangkaian foto yang mencerminkan berbagai suasana dan gaya. Headshot sangat penting untuk memperlihatkan fitur wajahmu, sementara foto badan penuh menggambarkan postur dan proporsi tubuhmu.

Temukan Agensi Model

Ketika portofolio kamu sudah siap, saatnya mencari agensi model yang tepat. Agensi ini akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan dan memberikan bimbingan untuk mengembangkan karir kamu. Pastikan untuk memilih agensi yang terpercaya dan jangan ragu untuk bertanya tentang kontrak sebelum menandatanganinya.

Saat pertemuan pertama dengan agensi, jangan ragu untuk mengajukan berbagai pertanyaan penting, seperti bagaimana caranya mereka akan membantu mengembangkan karirmu, apa saja tuntutan atau persyaratan yang mereka ajukan, dan bagaimana struktur pembagian pendapatan yang akan digunakan.

Tingkatkan Keterampilan Kamu

Mengembangkan keterampilan dalam modeling merupakan proses berkelanjutan. Penguasaan catwalk sangat penting, terutama jika kamu ingin berkarya dalam dunia runway fashion. Pelatihan catwalk membantu kamu dalam berbagai aspek seperti postur, langkah, dan ekspresi wajah saat berada di atas panggung, di mana setiap detailnya dapat berdampak besar pada presentasi pakaian yang kamu kenakan. 

Selain itu, kursus posing juga krusial, karena kemampuan untuk menciptakan pose yang menarik adalah hal yang krusial. Kursus ini membimbingmu untuk mengenal bagian-bagian terbaik tubuhmu dan bagaimana cara menyampaikannya secara menarik dalam berbagai seting foto.

Terus Pelajari Trend dalam Dunia Fashion

Tetap up-to-date dengan trend fashion terbaru adalah bagian penting dari pekerjaan model. Kamu harus terus belajar dan mengadaptasi diri dengan trend baru dalam industri fashion. Ikuti majalah fashion, portal berita fashion online, dan desainer favorit kamu di media sosial untuk selalu mendapatkan informasi terbaru.Sekolah modeling menawarkan berbagai kelas yang tersedia baik secara online maupun offline, memungkinkan kamu untuk belajar dan memperkaya keterampilan dari mana saja dan kapan saja. Kelas-kelas online ini dirancang untuk memberikan segala pengetahuan dasar yang diperlukan bagi mereka yang ingin melangkah ke dunia modeling, mulai dari teknik posing hingga pengembangan personal brand. Daftarkan dirimu ke sekolah modeling sekarang juga.

Leave a Comment