Sekolah model terbaik indonesia

Sekolah Model Terbaik untuk Memulai Karir

Dalam perkembangan dunia yang modern ini, menjadi model bukan lagi sesuatu yang begitu susah. Semua orang, jika memiliki kemauan, akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi model. Mulai dari model foto katalog, model Instagram, sampai model catwalk, semuanya bisa kamu mulai dari sekarang.

Jika kamu berpikir bahwa menjadi model harus memiliki bentuk tubuh yang tinggi semampai, kamu tidak sepenuhnya salah tetapi tidak benar juga. Karena saat ini, ada berbagai macam model yang dibutuhkan oleh industri fashion. Semuanya balik lagi dan tergantung pada keperluan dan kebutuhan dari brand itu sendiri. Jadi, kamu tidak usah khawatir akan masalah ini. Yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan langkah-langkah yang bisa membawa kamu menuju karir impian sebagai seorang model.

Artikel kali ini akan mengulas mengenai sekolah model terbaik untuk memulai karir kamu.

Sekolah Model Itu Seperti Apa?

proses photoshoot di sekolah model

Sekolah Model adalah lembaga kursus non-formal yang berfokus pada pengembangan kemampuan dan keterampilan individu untuk menjadi seorang model profesional. Lembaga ini memberikan pelatihan yang intensif dan komprehensif, melibatkan berbagai aspek penting dalam industri model. 

Beberapa hal yang membuat sekolah model menonjol di antara yang lain adalah Pelatihan Keterampilan Catwalk, Fotografi dan Pemotretan, dan Perawatan Diri dan Kesehatan. Pelatihan ini akan membantu calon model untuk menguasai keahlian khusus dalam berjalan di atas runway, bekerja dengan fotografer, mempresentasikan diri di depan kamera, serta menjaga penampilan dan kesehatan fisik mereka.

Selain keterampilan yang disebutkan di atas, pengetahuan tentang industri model juga penting untuk dipahami oleh para calon model. Sekolah model biasanya menyediakan sesi belajar mengenai tren fashion saat ini. 

Apa Saja yang Dipelajari di Sekolah Model?

Untuk memahami lebih dalam apa yang dipelajari di sekolah model, berikut ini adalah beberapa materi penting yang akan kamu temui ketika mengikuti kursus modeling.

1. Catwalk

Fashion fotografi dan fotografi lainnya

Catwalk menjadi salah satu aspek penting dalam dunia modelling. Di sesi ini, kamu akan belajar bagaimana berjalan di atas runway dengan percaya diri dan gaya yang elegan. Materi ini mencakup penempatan kaki, gerakan badan, hingga ekspresi wajah yang tepat saat berjalan di catwalk. Berjalan di atas catwalk tidak semudah kelihatannya, memerlukan koordinasi dan ritme yang baik. 

2. Fashion Style

Fashion style

Fashion Style adalah materi lain yang tak kalah penting dalam kursus modelling. Dalam sesi ini, kamu akan mempelajari berbagai tren mode terkini, bagaimana memadukan pakaian, aksesori, dan makeup untuk menciptakan gaya yang terbaik. Materi ini bertujuan untuk mengembangkan rasa percaya diri kamu di depan kamera. 

3. Foto Model

Foto model

Dalam sesi ini, kamu akan mempelajari cara berpose yang tepat, menjaga ekspresi wajah, serta memahami pencahayaan untuk menciptakan foto yang bagus. Kamu akan diberikan beberapa referensi ekspresi wajah agar tampilan kamu tidak monoton. Lebih dari itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana berinteraksi dengan fotografer. 

4. Etika Dunia Modeling

Etika dunia model

Etika Dunia Modeling mencakup aturan tentang bagaimana bersikap profesional dan berperilaku baik di dunia modelling. Materi ini membahas cara berkomunikasi dengan orang lain serta menjaga citra sebagai seorang model. Menjadi profesional akan membantumu menjalin hubungan kerja yang baik dan menciptakan lebih banyak kesempatan. 

5. Tata Rias atau Make Up

Tata rias atau make up

Kamu mungkin telah menyaksikan bahwa saat model melakukan catwalk, beberapa make up artist merias wajah mereka. Namun, ini tidak selalu berlaku, terutama ketika kamu baru memulai karir dalam modeling. Oleh karena itu, saat mengikuti kursus model, kamu akan diajarkan tata rias dasar untuk memahami karakteristik wajahmu dan menciptakan penampilan yang lebih menarik.

6. Tata Rambut Model

Tata rambut model

Selain mempelajari tata rias, kamu juga akan diajarkan teknik dasar penataan rambut. Memahami cara menata rambutmu sendiri dalam berbagai gaya bisa sangat bermanfaat dalam mempersiapkan diri untuk sesi foto atau acara catwalk. Mulai dari gaya rambut yang sederhana hingga yang kompleks, pengetahuan ini akan membantu kamu mengubah tampilanmu sesuai dengan kebutuhan pemotretan.

Alasan Mengapa Harus Ikut Kelas Model

Ada berbagai alasan mengapa banyak orang memilih untuk mengikuti kelas modeling. Selain melatih diri untuk menjalani karir sebagai model, beberapa orang mengikuti kelas ini untuk mempelajari postur dan gerak tubuh yang baik, sehingga mereka terlihat lebih presentable dalam dunia bisnis. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang biasanya mempertimbangkan untuk mengambil kursus model.

1. Mengembangkan Karir di Dunia Entertainment

Kursus model bisa menjadi pintu masuk ke karir di dunia hiburan. Keterampilan dan pengetahuan yang kamu dapatkan bukan hanya untuk jadi model, tapi juga berguna untuk bidang lain seperti akting, menjadi pembawa acara, atau penyiar. Belajar tentang pose, ekspresi, dan penampilan bisa membuatmu lebih percaya diri dan menarik di depan kamera atau audiens. 

2. Menambah Pengetahuan dan Pengalaman

Mengambil kursus model bisa menjadi cara yang bagus untuk memperbanyak pengetahuan dan pengalamanmu. Di sana, kamu akan diajarkan banyak hal, mulai dari cara berpose yang baik, berjalan di catwalk, hingga etika kerja di dunia model. Kamu juga akan belajar cara memakai make up dan menata rambut. Semua ilmu ini diajarkan oleh para profesional di bidangnya, jadi kamu bisa mendapatkan gambaran langsung tentang situasi kerja di dunia modeling. 

3. Meningkatkan Penampilan

Mengikuti kursus model juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan penampilan. Para instruktur akan mengajarkan bagaimana cara berpakaian dengan gaya yang sesuai, merias wajah, dan menata rambut agar selalu terlihat menarik. Kamu juga akan belajar bagaimana mempertahankan postur dan gerakan tubuh yang baik, yang tidak hanya penting di dunia modeling, tapi juga dapat meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri kamu di kehidupan sehari-hari. 

4. Memperbaiki Karakter dan Etika

Mengikuti kursus model tidak hanya tentang meningkatkan penampilan fisik, tapi juga memperbaiki karakter dan etika. Dalam kursus ini, kamu akan diajarkan berbagai etika profesional yang berlaku di dunia modeling, seperti cara berkomunikasi yang efektif, menunjukkan sikap yang baik, serta menghargai waktu. 

5. Melatih Percaya Diri

Mengikuti kursus model juga merupakan cara efektif untuk melatih kepercayaan diri. Kepercayaan diri sering kali menjadi kunci kesuksesan, baik di dunia modeling maupun di luar sana. Dalam kursus ini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih dan mempresentasikan diri di depan orang, baik itu dalam sesi pemotretan, audisi, atau saat berjalan di catwalk. Kesempatan-kesempatan ini akan membuatmu lebih santai dan percaya diri saat tampil di depan publik. 

Berapa Lama Sekolah Model?

Untuk mengikuti sekolah model, tidak ada batasan waktu yang spesifik. Alasannya, modeling adalah bidang yang akan terus berkembang sejalan dengan era yang selalu berubah. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk terus mengasah keterampilan dan pengetahuan di dunia modeling jika tujuanmu adalah menjadi model profesional. 

Biasanya, perkembangan seorang model dapat dilihat dalam jangka waktu 6 bulan hingga satu tahun. Jika kamu aktif dalam berpartisipasi di kompetisi model, karir modelingmu bisa dimulai di tahun pertama dan berpotensi menjadi model profesional di tahun kedua dan seterusnya.

Apa Ciri-Ciri Sekolah Model Terbaik?

Di Indonesia, terdapat banyak pilihan sekolah model yang bisa kamu pilih dan ikuti. Namun, ada beberapa karakteristik yang bisa menjadi indikator sekolah model yang berkualitas. Pertama, kamu bisa melihat rekam jejak mentor atau pengajar di sekolah tersebut. Selain itu, pilihlah sekolah model yang dapat membantu pengembangan karirmu, misalnya dengan menawarkan kesempatan untuk bergabung dengan agency model atau memberikan informasi tentang kompetisi modeling yang akan membantu membuka jalan karirmu. 

Dengan bergabung di Sekolah Modeling kamu akan mendapatkan semua fasilitas tersebut, sehingga kamu tidak perlu lagi repot mencari agency model sendiri. Jadi, tunggu apa lagi? Daftar kursus model sekarang juga yuk. 

Leave a Comment