Jenis sepatu model catwalk

5 Jenis Sepatu Wajib Punya untuk Para Catwalk Model

Dalam dunia modeling, penampilan adalah segalanya. Tak hanya busana yang menawan atau makeup yang sempurna, tetapi sepatu juga memegang peranan penting dalam setiap langkah di catwalk. Sebagai model, penampilan yang spektakuler bukan hanya tentang cara berjalan dengan elegan, tapi juga soal kepercayaan diri dan kenyamanan yang dihasilkan dari setiap komponen penampilan, terutama sepatu.

Sepatu bukan sekadar alas kaki, bagi seorang model, sepatu adalah perpanjangan dari persona dan gaya yang ingin ditampilkan. Satu pasang sepatu yang tepat bisa mengubah seluruh penampilan, menambah keanggunan, atau bahkan menjadi statement piece yang mencuri perhatian. Oleh karena itu, memilih sepatu yang tepat adalah sebuah seni yang harus dikuasai setiap model.

Sepatu untuk Para Catwalk Model

Mengingat pentingnya peran sepatu dalam industri modeling, mari kita kupas satu per satu jenis sepatu yang wajib dimiliki oleh para model profesional untuk menghadapi berbagai jenis acara dan tema fashion show. Dari wedges yang nyaman hingga high heels yang menawan, setiap model wajib memiliki sepatu yang lengkap dan siap digunakan untuk berbagai kesempatan. Yuk, simak lebih lanjut sepatu-sepatu apa saja yang harus kamu miliki di lemari sepatumu!

1. Siapkan Wedgesmu

Siapkan wedgesmu

Wedges menduduki puncak daftar karena sifatnya yang multifungsi. Selain memberikan tinggi ekstra yang begitu dibutuhkan oleh setiap model, wedges juga nyaman dikenakan. Memakai wedges saat berjalan di catwalk memberikan balance yang lebih baik dibanding high-heels biasa, jadi risiko kamu tergelincir atau jatuh jadi lebih kecil.

Bahan dan desain wedges pun beragam, mulai dari bahan suede, kulit, hingga canvas. Ada yang memiliki tali kecil di bagian belakang, tali panjang yang melilit pergelangan kaki, atau tanpa tali sama sekali. Dengan demikian, wedges cocok dipakai dalam berbagai occasion, mulai dari casual look hingga formal look.

Acara fashion show juga sering memakai wedges sebagai opsinya, karena dapat memberikan kenyamanan bagi para modelnya. Itu berarti, dengan memiliki dan menguasai wedges, kamu juga membuka peluang lebih banyak lagi untuk berpartisipasi dalam berbagai acara fashion show.

2. Flat Shoes Bikin Kakimu Cantik

Flat shoes bikin kakimu cantik

Flat shoes adalah jenis sepatu lainnya yang wajib kamu miliki. Meski nggak memberikan tambahan tinggi, flat shoes menawarkan kenyamanan yang nggak terkalahkan. Lagipula, nggak semua event atau acara membutuhkan kamu untuk tampil lebih tinggi.

Flat shoes dengan berbagai desain dan warna memberikan fleksibilitas dalam mix and match outfit. Dengan flat shoes, kamu bisa tampil chic dan stylish tanpa harus mengorbankan kenyamananmu.

Buat reparasi gaya feminin, flat shoes dengan detail pita atau aplikasi manis lainnya bisa jadi pilihan. Atau jika kamu ingin berpenampilan edgy, kamu bisa memilih flat shoes bertema rock chic dengan nuansa hitam dan aksesoris logam.

3. Jangan Lupa High Heels

High heels

Tanpa perlu diragukan lagi, high heels adalah must-have item bagi setiap model. High heels memberikan kesan glamor dan elegan, menambah kepercayaan diri, dan tentunya menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang dan ramping.

Terlebih lagi, high heels bisa kamu gunakan untuk berbagai acara, mulai dari foto sesssion, makan malam, hingga acara runway. Ada banyak jenis high heels, mulai dari stiletto, pumps, sampai peep-toe.

Cobalah berinvestasi di beberapa pasang high heels dengan kualitas terbaik. Prioritaskan kenyamanan dan kecocokan dengan gaya fashion kamu. Jangan lupa juga untuk selalu merawat high heels favoritmu dengan baik, agar tetap awet lama dan siap digunakan kapan saja.

4. Pakai Boots dengan Tema Tertentu

Pakai boots

Boots bisa jadi pilihan menarik jika kamu ingin tampil beda. Menambahkan boots ke koleksi sepatumu bisa memberikan variasi dalam penampilanmu. Gaya yang dihasilkan oleh boots sangat unik dan berbeda dengan jenis sepatu lainnya.

Boots dengan panjang sampai pergelangan kaki atau even above-the-knee bisa kamu pakai untuk tampil dramatis di catwalk. Untuk acara casual, kamu bisa pilih boots dengan bahan suede yang bisa kamu padukan dengan jeans atau rok pendek.

5. Sepatu Kets untuk Tampilan Lebih Kasual

Sepatu kets

Meski kamu adalah model, nggak berarti kamu harus selalu tampil glamor dengan high heels atau boots. Ada kalanya kamu butuh sepatu yang lebih casual untuk acara harian atau saat kamu off-duty. Sepatu kets bisa jadi solusinya.

Kets nggak cuma nyaman, tapi juga stylish. Bahkan, beberapa desainer fashion dunia juga memilih sepatu kets untuk dipadukan dengan koleksi mereka di catwalk. Asal kamu bisa memadukan dengan benar, kets bisa membuat penampilanmu terlihat sempurna dalam berbagai kesempatan.

Ingat, gaya itu bukan hanya soal apa yang kamu kenakan di catwalk, tapi juga apa yang kamu kenakan saat kamu nggak berada di atas panggung. Dengan memilih kets, kamu bisa tampil santai namun tetap modis.

Sepatu Mana yang Sudah Kamu Punya?

Nah, setelah kita bahas berbagai jenis sepatu yang wajib dimiliki oleh para model, sekarang saatnya kamu cek koleksi sepatu kamu. Apakah kamu sudah memiliki semua jenis sepatu yang kita bahas?

Ingat, untuk menjadi model profesional, kamu harus siap untuk berbagai jenis acara dan fashion show. Karena itu, penting untuk memiliki koleksi sepatu yang beragam. Selain itu, perhatikan juga kenyamanan dan kualitas sepatu yang kamu beli.

Jika kamu merasa belum memiliki salah satu jenis sepatu yang wajib kami sebutkan, jangan khawatir. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Sekarang saatnya bagi kamu untuk mempersiapkan diri dan mengupdate koleksi sepatumu.

High Heels untuk Catwalk Tingginya Berapa?

Mungkin kamu bertanya-tanya, seberapa tinggi sih high heels yang biasanya dipakai para model di catwalk? Jawabannya, tinggi high heels yang digunakan biasanya berkisar antara 10-15 cm. Namun, itu semua tergantung pada desainer dan tema dari setiap fashion show.

Pada prinsipnya, high heels digunakan untuk memperpanjang garis kaki dan membuat postur tubuh model tampak lebih tinggi dan ramping. Namun, itu nggak berarti kamu harus memaksa diri memakai high heels yang tidak nyaman hanya untuk tampil sempurna di catwalk.

Ingat, kenyamanan adalah kunci. Jika kamu nggak merasa nyaman dengan sepatumu, itu akan tampak dari cara kamu berjalan dan berpose. Jadi, percayalah pada diri sendiri dan selalu utamakan kenyamanan dan kepercayaan diri di atas segalanya.

Itu di, 5 jenis sepatu yang perlu kamu miliki untuk menjalani profesi sebagai model. Semoga bermanfaat dan selamat berburu sepatu!  

Jika kamu tertarik memulai karir sebagai model, mengikuti kelas online di Sekolah Modeling bisa menjadi langkah awal yang bagus. Sekolah Modeling menawarkan beragam kelas yang dirancang untuk membantu membangun karirmu di dunia modeling. Dengan mengikuti kelas-kelas ini, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang industri modeling, teknik dasar berjalan untuk fashion show, ekspresi wajah, dan bahkan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran sebagai seorang model. Tertarik?

Leave a Comment