Syarat catwalk model

10 Syarat untuk Jadi Catwalk Model

Kalau kamu termasuk salah satu dari mereka yang sering nonton Fashion TV dan terpukau dengan para model yang berjalan di runway, mungkin di benakmu muncul pertanyaan “Aku bisa jadi seperti mereka nggak ya?” 

Well, jika itu yang kamu pikirkan, di article ini, kita akan membahas 10 syarat untuk jadi catwalk model. Kita akan mengupas tuntas bersama tentang persyaratan yang dibutuhkan, so let’s dive in!

Tinggi Minimal Model Catwalk

Tinggi minimal model catwalk

Tinggi badan. Ini syarat nomor satu dan paling mendasar. Untuk model wanita, biasanya agensi mencari yang memiliki tinggi minimal 170 cm, sementara untuk pria sekitar 180 cm. Angka ini bukan asal muncul, tapi terbentuk dari standar estetika yang berlaku di dunia fashion, terutama saat berada di atas catwalk. 

Namun jangan langsung putus asa jika kamu merasa tinggimu belum mencapai standar tersebut. Ada berbagai cara untuk membantu peningkatan tinggi badan, salah satunya dengan rajin berolahraga dan pola makan yang sehat. Tentu saja, faktor genetik juga berperan penting dalam hal ini. 

Catatan penting, semua syarat yang masuk dalam daftar ini adalah standar umum atau mayoritas, tetapi ingat bahwa industri fashion juga sering kali mematahkan standar konvensional tersebut. So, just give it a shot!

Berat Badan Proporsional Model

Berat badan proporsional model

Berat badan model harus proporsional dengan tingginya. Tidak hanya kurus, tapi juga proporsional, fokusnya adalah untuk menciptakan tampilan yang balance saat berjalan di catwalk. Proporsi inilah yang membuat penampilan model menjadi sangat estetik dan menarik untuk dipandang.

Memiliki berat badan proposional juga penting untuk kesehatan. Menjaga keseimbangan antara asupan dan kebutuhan kalori tubuh itu crucial, jangan sampai tergoda untuk diet ekstrem yang bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu. 

Ingatlah bahwa model adalah perwakilan dari tubuh manusia yang sehat. Jadi bukan hanya soal terlihat bagus di atas catwalk, tetapi juga tentang bagaimana kamu menjaga kesehatan tubuhmu sebagai seorang model. 

Rentang Usia Model Catwalk

Rentang usia model catwalk

Rentang usia yang ideal untuk memulai karir sebagai model catwalk biasanya berada antara 16 sampai 30 tahun. Ini dikarenakan pada usia tersebut, secara fisik seseorang sudah cukup matang namun masih memiliki kulit yang awet muda dan fresh.

Namun perlu diingat, angka tersebut bukan patokan mutlak. Selanjutnya, kesuksesan seseorang di industri ini tidak selalu ditentukan oleh umur. Banyak model yang sukses memulai karirnya di usia yang lebih tua dari standar tersebut.

Modeling adalah profesi yang sangat dinamis dan selalu berinovasi, oleh karena itu, tidak ada batasan yang tetap dan pasti dalam hal ini. Penting untuk selalu percaya diri dan terus mengasah skillmu sebagai model, tanpa memandang usia.

Berpenampilan Menarik

Berpenampilan menarik

Looks matter, guys. Industri catwalk bukan hanya membutuhkan individu yang cantik atau ganteng, tetapi penampilan menarik harus didukung dengan ‘x-factor’ – sesuatu yang membuat seseorang menarik, yang tidak hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga melibatkan pesona dan karisma pribadi. 

Secara umum, model catwalk memiliki penampilan yang mengukir dan wajah lain yang membedakannya dari rata-rata. Itulah sebabnya, tak ada standar yang konkret tentang penampilan model. Gigi gap juga bisa jadi ikon, loh. 

Kunci utamanya adalah menjadi diri sendiri dan percaya diri, karena tak ada yang lebih menarik daripada orang yang percaya pada dirinya sendiri. Let your unique light shine, guys!

Mempunyai Wawasan Mengenai Fashion

Mempunyai wawasan soal fashion style

Nah, syarat yang satu ini juga nggak kalah pentingnya, bro sis. Punya wawasan yang luas soal fashion. Bukan cuma tahu brand apa yang lagi hitz, tapi juga perlu tahu susunan koleksi dalam satu season, peran model dalam mempresentasikan pesan desainer, hingga pergerakan tren.

Fashion adalah seni dan cara seseorang mengekspresikan dirinya. Seorang model tidak hanya bertugas menjadi hanger bagi pakaian, tetapi harus mampu menjadi bagian dari karya seni tersebut. Jadi, penting untuk selalu update dan paham trend serta sejarah fashion.

Lagi, jangan lupa bahwa fashion adalah tentang berani mencoba dan mengeksplorasi. Jadi, jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan keluar dari comfort zone kamu dalam berfashion.

Mempunyai Wawasan dalam Bidang Kecantikan

Mempunyai wawasan dalam bidang kecantikan

Memiliki pengetahuan tentang perawatan diri dan kecantikan adalah penting bagi seorang model. Seorang model harus tahu bagaimana cara mengambil care of themself. Pengetahuan tentang kecantikan meliputi:

  • Makeup: untuk berjaga-jaga kalau makeup luntur sebelum atau selama catwalk, kita bisa touch-up sendiri, karena biasanya MUA juga sibuk membantu model lainnya
  • Skincare: pengetahuan tentang skincare penting banget untuk memastikan kesehatan kulit kita. At least, kita tau basic skincare, yaitu facial washm moisturizer, dan sunscreen.
  • Hairstyling: sama seperti makeup, pengetahuan tentang hairstyle juga membantu kita untuk menghadapi keadaan darurat. Semisal saat catwalk rambut berantakan, dalam waktu yang sempit kita bisa styling sendiri dengan ilmu kreatif kita.

Penting juga untuk memiliki pengetahuan luas tentang make-up. Seorang model akan sering berpindah-pindah antara tampilan make-up yang berbeda untuk berbagai acara, dan kadang klien atau back stage ada waktu yang terbatas. Maka, dengan memiliki pengetahuan tentang make-up, kamu dapat lebih prepared dan dapat membantu prosesnya.

Secara umum, meluangkan waktu untuk belajar tentang berbagai produk dan teknik kecantikan akan sangat membantu karirmu di industri ini. Jadi, jangan remehkan peran kecantikan dalam menjadi model catwalk. Adapun beberapa

Disiplin, Mandiri, dan Kuat Mental

Menambah pengalaman dan jadi lebih disiplin

Industri ini adalah industri yang keras, guys. Profesi ini melibatkan banyak persaingan, penolakan, dan stress. Butuh disiplin yang tinggi, mandiri, dan mental yang kuat.

Dalam profesi ini, kamu harus rela bangun pagi, tidur larut malam, serta melakukan latihan fisik dan diet yang disiplin. Ritual tersebut membutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan kemampuan untuk mandiri, tanpa perlu orang lain “mengatur jadwalku”. 

Mental yang kuat juga mutlak dibutuhkan. Ada banyak penolakan dan kritik yang mungkin akan kamu terima. Dengan mental yang kuat, kamu akan mampu menjadikan itu sebagai pengalaman berharga untuk belajar dan menguatkan diri.

Mampu Berkomunikasi dengan Klien

Mampu berkomunikasi dengan klien

Komunikasi adalah kunci kesuksesan dalam berbagai bidang, termasuk modeling. Jika kamu dapat berkomunikasi dengan baik dengan klien, maka itu akan membantu kamu memahami apa yang mereka inginkan dan bagaimana memberikan yang terbaik untuk mereka.

Pada saat audisi atau casting, menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik bisa membuat kamu menonjol di antara model lain yang juga bertarung untuk pekerjaan yang sama.

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga akan membantu kamu membina hubungan baik dengan berbagai pihak dalam industri ini, seperti desainer, fotografer, makeup artist, dan banyak lainnya yang akan sangat membantu dalam karir modelingmu.

Mampu Bersosialisasi dengan Sesama Model

Sosialisasi sesama model

Dalam karir modeling, networking is crucial, guys. Memiliki hubungan baik dengan sesama model bisa membantu kamu mendapatkan tips dan insight tentang industri ini. Selain itu, terlibat dalam komunitas model juga bisa memberi kamu kesempatan untuk belajar dari model lain dan mendapatkan dukungan.

Industri ini tentu penuh dengan kompetisi, tapi jangan lupa bahwa kamu juga bisa mendapatkan banyak dari sesama model. Mereka adalah satu-satunya orang yang benar-benar memahami apa yang kamu alami, baik suka maupun duka.

So, jangan sungkan untuk berkenalan dan berbagi cerita dengan model lain di backstage atau waktu casting. Relationship yang kamu bangun bisa jadi berharga in the long run.

Berkepribadian Baik

Pribadi baik

Syarat terakhir namun sangat penting, loh, guys, memiliki kepribadian yang baik atau juga memiliki inner beauty. Di industri ini, sikapmu sangat berpengaruh. Orang sering lupa bahwa modeling itu juga tentang interaksi antar manusia. Maka, menjaga sikap dan etika menjadi sangat penting.

Sebuah kepribadian yang baik akan membantu kamu bekerja sama dengan orang lain dengan lebih baik, dan ini adalah kunci untuk sukses dalam industri ini. People love working with easy-going and respectful people, dan ini bisa meningkatkan peluangmu untuk menjadi model catwalk yang sukses. In the end of the day, model adalah perwakilan dari merek dan perusahaan, dan sikapmu akan mencerminkan mereka. So, always bring your best self forward!

So, itulah 10 syarat yang harus kamu miliki jika ingin menjadi model catwalk. But remember, these are not strict rules. Setiap orang memiliki jalannya masing-masing dan apa yang bekerja untuk satu orang mungkin tidak bekerja untuk orang lain. Jadi, find your own path and walk it proudly. You can do it, future top models!

Leave a Comment