Gaya hidup sehat model catwalk

Gaya Hidup Sehat ala Model Catwalk, Bikin Kamu Awet Muda

Bayangin deh, para model catwalk itu kayaknya selalu fit dan kece, ya, nggak peduli umur berapa. Kadang kita heran, gimana sih caranya mereka bisa gitu? Nah, rahasianya ada pada gaya hidup sehat yang mereka jalani. Gaya hidup ini bukan cuma buat para model aja, lho. Kita juga bisa kok mengikuti gaya hidup sehat ala model catwalk buat dapetin badan yang fit dan hati yang gembira.

Nah, mungkin kamu mikir, apa saja contoh gaya hidup sehat seorang model? Ternyata, bukan cuma soal makanan atau olahraga aja, tapi mereka juga perhatiin waktu istirahat, pikiran, dan perasaan mereka. Intinya, mereka nggak cuma ngejaga penampilan dari luar aja, tapi juga dari dalam, supaya energi dan semangat mereka selalu oke. Eh, tapi bisa nggak ya kita yang sibuk banget dan sering stres ini ngikutin gaya hidup sehat model-model itu? Jawabannya, bisa banget! Intinya kita harus komitmen buat merawat diri sendiri, baik itu dengan makan yang benar, olahraga teratur, cukup tidur, dan tentu aja, ngurusin pikiran dan perasaan kita biar tetap positif.

Artikel kali ini akan mengulas gaya hidup sehat ala model yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Punya Waktu Tidur yang Cukup

Punya waktu tidur yang cukup

Model catwalk nggak cuma sibuk dengan olahraga dan diet, tapi mereka juga sangat memperhatikan waktu tidur. Banyak yang masih nggak sadar kalau tidur itu sama pentingnya dengan makan dan olahraga. Coba bayangin, kalau kita sibuk kerja tapi nggak makan, pasti badan kita bakal lemes dan nggak bisa bekerja dengan baik. Nah, sama halnya dengan tidur, kalau kita nggak cukup tidur, otak dan tubuh kita juga bakal “kelaparan”.

Saat tidur, tubuh kita melakukan banyak hal penting. Misalnya, otak mengurangi stres dan mengatur emosi, sementara tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak dan membersihkan racun. Jadi, kalau kita nggak cukup tidur, semua proses ini terganggu. Salah satu manfaat tidur yang cukup adalah kulit yang cerah dan bercahaya. Selama kita tidur, kulit kita memperbarui dirinya sendiri. Jadi, kalau kita sering begadang atau tidur kurang dari 7-9 jam per malam, kulit kita bisa tampak kusam dan keriput lebih cepat.

Rutin Olahraga Penting Banget

Rajin olahraga

Model profesional biasanya mempunyai jadwal olahraga yang konsisten. Olahraga yang rutin bisa membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, dan sekaligus menjaga berat badan. Kamu lah yang menentukan jenis olahraganya, yang penting kamu suka dan bisa rutin melakukannya.

1. Mulai dengan Yoga & Pilates

Saat mendengar kata “olahraga”, mungkin yang terbayang adalah keringat yang mengucur atau otot yang pegal. Tapi, buat para model catwalk, olahraga bisa jadi sesuatu yang santai namun memberikan manfaat yang luar biasa, seperti yoga dan pilates. Yoga dan pilates adalah olahraga yang melibatkan banyak gerakan peregangan. Dengan rutin berlatih, tubuh kita bisa jadi lebih lentur. Fleksibilitas tubuh yang baik itu penting, lho. Selain membuat gerak badan kita lebih leluasa, fleksibilitas juga bisa membantu mencegah cedera.


Salah satu manfaat yoga dan pilates yang paling terasa adalah peningkatan postur tubuh. Kedua olahraga ini melibatkan gerakan yang membantu menguatkan otot inti atau core, yang penting dalam menjaga postur tubuh kita. Jadi, dengan rutin berlatih yoga dan pilates, kita bisa mendapatkan postur tubuh yang lebih baik dan tampak lebih percaya diri.

2. Aerobik Juga Gak Kalah Seru

Jika kamu ingin melangkah lebih jauh dalam rutinitas olahragamu, aerobik adalah cara yang seru dan efektif untuk meningkatkan intensitas latihan. Aerobik, dengan musik yang menghentak dan gerakan yang dinamis, bukan hanya memberimu kesenangan dalam berolahraga tapi juga tumpukan manfaat luar biasa. Salah satu manfaat terbesar dari aerobik adalah kemampuannya untuk membakar kalori dengan cepat. Ini menjadikannya pilihan tepat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau hanya menjaga bentuk tubuh tetap ideal khususnya ketika kamu menjadi model. 

3. Pengen Lebih Cobain GYM

Apabila yoga, pilates, dan aerobik telah menjadi bagian rutin dalam jadwalmu, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan sesuatu yang lebih menantang. Bagi para model catwalk yang ingin mengembangkan dan mempertajam aspek fisik serta stamina, gym menjadi opsi yang menarik dan memberi tantangan baru. Gym menawarkan beragam peralatan dan kelas yang dapat menyesuaikan dengan tujuan spesifikmu, baik itu peningkatan kekuatan, ketahanan, atau bahkan kedua-duanya. Antara angkat beban, kardio machine, dan sesi HIIT (High Intensity Interval Training), kamu dapat menyusun program latihan yang menyeluruh dan terarah.

Salah satu keuntungan terbesar dari bergabung dengan gym adalah aksesmu ke pelatih atau trainer profesional. Seorang trainer dapat membantu mengidentifikasi area tubuh mana yang perlu diperkuat atau dibentuk lebih lanjut, memberi rekomendasi latihan khusus, dan memastikan kamu melakukan setiap gerakan dengan teknik yang benar untuk mencegah cedera. Trainer juga bisa membantu kamu menetapkan tujuan yang realistis dan merancang program latihan yang akan membantu kamu mencapainya.

Jaga Pola Makan yang Sehat

Pola makan sehat

Pada dunia modeling, khususnya bagi model catwalk, penampilan fisik menjadi hal penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tubuh yang bugar, langsing namun berisi adalah ideal yang sering digambarkan. Untuk itu, pola makan sehat seimbang menjadi faktor utama dalam mendukung penampilan dan kinerja tubuh. 

Makanan yang kita makan adalah bahan bakar yang membantu tubuh kita berfungsi secara optimal, mendukung kegiatan fisik kita, terutama bagi seorang model yang aktivitasnya membutuhkan energi yang baik, semisal latihan fisik dan peragaan busana. Sehat di sini bukanlah berarti harus kurus, tetapi melainkan fokus pada asupan nutrisi yang seimbang dan kaya akan serat, protein, serta vitamin. 

Minum Air Putih yang Cukup

Minum air yang cukup

Dalam industri yang menuntut stamina dan kejernihan mental, seperti catwalk modeling, asupan air menjadi kunci penting. Model catwalk yang hidratasinya cukup akan memiliki kulit yang tampak lebih segar dan vitalitas yang lebih. Hal ini tentu saja sangat penting dalam menunjang penampilan mereka di depan publik dan kamera, di mana setiap detail terkecil dari estetika itu penting.

Kebiasaan membawa botol air putih kemanapun mereka pergi merupakan salah satu cara yang mengindikasikan kesadaran tentang pentingnya hidrasi teratur. Akses yang mudah terhadap air putih membantu memastikan bahwa mereka bisa secara konsisten mengonsumsi cairan sepanjang hari.

Jangan Lupa Jaga Kesehatan Kulit

Jangan lupa jaga kesehatan kulit

Dalam dunia modeling, kesehatan dan penampilan kulit berperan sangat krusial dalam menunjang karir seorang model, khususnya bagi model catwalk yang sering terpapar oleh sorotan lampu panggung dan kamera. Rutinitas perawatan kulit yang efektif dan konsisten menjadi fondasi untuk memiliki kulit yang sehat dan bercahaya, yang tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga memastikan bahwa makeup akan terlihat sempurna di atas kulit. 

Membersihkan wajah dua kali sehari membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan kulit kusam. Penggunaan pelembab sesuai dengan jenis kulit masing-masing individu membantu menjaga kelembaban kulit, menghindarkan dari kekeringan atau iritasi, dan membantu mempertahankan elastisitas kulit. 

Itulah tadi beberapa tips tentang gaya hidup sehat yang terinspirasi dari model catwalk, yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu bermimpi menjadi seorang model, kamu harus mulai dari diri sendiri. Selain menjaga kesehatan, penting juga untuk memperkaya dirimu dengan pengetahuan seputar dunia catwalk. Buat kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk jadi model catwalk, penting juga bagi kamu untuk mengetahui syarat model catwalk.

Sebuah langkah yang baik untuk memulai perjalanan kamu adalah dengan mendaftar pada kursus modeling. Contohnya adalah di Sekolah Modeling, yang menawarkan kursus online berbentuk video. Keuntungan dari kelas online ini adalah fleksibilitasnya, kamu dapat mengakses materi kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kenyamanan dan jadwalmu.

Leave a Comment