Cara jadi fashion model influencer

8 Cara Legit Jadi Fashion Model Influencer Modal HP

Begitu besar peran media sosial dalam merombak paradigma tentang seorang model. Dahulu mungkin bayangan kita tertuju pada jadwal lari pagi, diet ketat, dan sesi casting berkepanjangan di gedung-gedung agensi ternama. Namun, sekarang? Kamu bisa merevolusi cara kerja itu dan melangkah sebagai model yang dirintis dari media sosial.

Sekarang ini, media sosial bukan hanya berfungsi sebagai platform untuk berbagi momen, tapi juga sebagai ‘runway’ virtualmu sendiri dan pintu masukmu ke industri modeling. Lupakan dulu trial and error audisi yang menguras energi. Mulai bangun catatan prestasimu di dunia modeling dengan memulai portofolio digitalmu sendiri di media sosial.

Berbekalkan gadget dan berbagai aplikasi canggih di dalamnya, kamu bisa menunjukkan bakat dan keahlianmu dalam dunia modeling hanya dalam hitungan menit. Seolah-olah seperti fotografer profesional, buatlah video dan foto berkualitas yang memamerkan sisi terbaik dari diri anda. Dalam sekejap, kamu sudah bisa membagikan hasil karya tersebut ke seluruh dunia dan tampilkan kepiawaianmu dalam dunia modeling yang begitu dinamis. 

Artikel kali ini akan memberikan 8 tips kepada kamu cara untuk menjadi fashion model influencer hanya modal hp mu saja. Simak selengkapnya artikel dibawah ini. 

Skill Berbicara di Depan Kamera

Berbicara di depan kamera

Membuat koneksi atau hubungan baik dengan pengikut kamu lewat video itu sangat penting. Salah satu cara utama untuk bisa jadi lebih baik dalam hal ini adalah dengan meningkatkan kemampuan kamu saat berbicara di depan kamera. Kamu bisa mulai dengan membuat video singkat yang menunjukkan siapa kamu sebenarnya. Ingat, jadi diri sendiri itu kunci! Anggap saja kamera di HP kamu itu seperti mata dari setiap orang yang nantinya akan nonton video kamu.

Penting banget untuk selalu tampil apa adanya. Jangan malu atau kaku, biarkan kepribadian asli kamu yang berbicara. Pikirkan setiap video atau konten yang kamu buat sebagai kesempatan untuk memperlihatkan lebih dari sekadar gaya atau produk, tapi juga nilai dan cerita yang membuatmu spesial. Seiring waktu, saat kamu makin terbiasa dan percaya diri berbicara di depan kamera, kamu akan lebih mudah mencoba berbagai jenis konten yang berbeda. Cerita tentang pilihan baju kamu, jalan-jalan ke tempat baru, atau sekadar ngobrol santai bisa jadi konten yang menarik.

Kemampuan Mix & Match Baju

Mix and match baju

Setiap orang memiliki gaya yang unik dan pakaian yang beragam di lemari mereka. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menciptakan berbagai tampilan untuk beragam kesempatan. Misalnya, bagaimana caranya memadukan kaos sederhana dengan aksesoris yang tepat untuk tampilan kasual namun chic, atau bagaimana mengubah outfit kantor menjadi tampilan yang cocok untuk hang out sore tanpa harus pulang dan ganti baju dulu.

Berbagi tips tentang cara mix and match pakaian yang kamu miliki tidak hanya akan menarik bagi audiens yang menyukai fashion, tapi juga bagi mereka yang mencari cara untuk memaksimalkan isi lemari mereka. Pastikan untuk menyertakan tips yang kreatif dan orisinal. Misalnya, menggabungkan pola dan warna yang tidak biasa tapi ternyata cocok satu sama lain, atau bagaimana menata aksesoris untuk memberikan sentuhan berbeda pada tampilan yang sama. 

Selain menjelaskan kombinasi pakaian, tentukan juga alasan di balik setiap pilihan yang kamu buat. Misalnya, kenapa suatu aksesoris bisa membuat tampilan lebih formal atau kasual, atau bagaimana suatu warna bisa mempengaruhi mood. Dengan itu, konten kamu tidak hanya memberikan inspirasi visual, tapi juga pengetahuan yang bisa membuat audiens lebih percaya diri dalam bereksperimen dengan fashion mereka sendiri. 

Update Trend Fashion Terkini 

Update fashion terkini

Sebagai influencer, menjadi penting untuk selalu terinformasi dengan tren terkini. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin membaca update terkini mengenai fashion. Selain itu, mengikuti para desainer di media sosial adalah cara lain untuk tetap selangkah di depan. Desainer sering memposting tentang koleksi terbaru mereka, sketsa desain, bahkan behind-the-scenes saat persiapan fashion show. Kamu bisa mendapat banyak inspirasi dari konten mereka serta ide-ide segar yang bisa kamu adaptasi ke dalam gayamu sendiri. 

Menghadiri event fashion juga merupakan langkah penting. Event ini bukan hanya sarana untuk melihat dan mengalami tren fashion secara langsung, tapi juga kesempatan untuk membangun jaringan. Ketika kamu berinteraksi dengan sesama pecinta fashion, kamu membuka pintu untuk kolaborasi dan memperoleh insight, industry yang mungkin tidak kamu temukan di tempat lain.

Pintar Mengambil Angle Gambar

Membuat konten visual yang berkualitas tinggi merupakan hal yang sangat krusial, terutama dalam dunia influencer dimana tampilan visual adalah segalanya. Salah satu aspek yang menentukan kualitas konten visual adalah pemilihan angle atau sudut pengambilan gambar. Sudut yang tepat bisa menonjolkan detail produk, menciptakan kesan tertentu, dan membuat foto kamu lebih menarik secara estetika. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, bereksperimenlah dengan berbagai sudut pengambilan gambar. Coba ambil gambar dari sudut atas (high angle) untuk memberikan perspektif unik, atau dari sudut rendah (low angle) untuk memberikan impresi kekuatan pada subjeknya. Eksperimen juga dengan komposisi, coba aturan sepertiga untuk menyeimbangkan komponen dalam foto kamu, atau gunakan garis-garis dan pola yang ada di sekitar kamu untuk menambah kedalaman dan struktur pada gambar.

Gunakan fitur-fitur kamera HP kamu ke maksimum. Hari ini, banyak HP yang dilengkapi dengan berbagai mode pengambilan gambar, seperti portrait mode yang bisa mengaburkan latar belakang agar subjek lebih menonjol, atau panorama untuk mengambil gambar dengan cakupan lebih luas. Juga, jangan lupa untuk memanfaatkan pengaturan manual seperti ISO, white balance, dan exposure untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat.

Pintar Membuat Storyline yang Bagus

Membuat konten yang hanya menampilkan produk tanpa konteks dapat menjadi kurang menarik bagi audiensmu. Untuk benar-benar memikat dan terhubung dengan pengikutmu, kamu perlu memberikan lebih dari sekadar bentuk visual, kamu perlu mengemasnya dalam sebuah alur cerita yang menarik dan relatable.

Ketika kamu menunjukkan sebuah outfit, misalnya, ceritakanlah tentang asal-usul inspirasi untuk penampilan itu. Mungkin kamu bisa bercerita tentang bagaimana cuaca cerah memberi semangatmu untuk memilih warna-warna ceria, atau bagaimana mendapati potongan vintage di pasar loak yang kemudian kamu padukan dengan item modern untuk menciptakan sebuah look yang unik.

Gunakan emosi untuk menghubungkan outfit dengan pengalaman pribadi. Jika kamu memilih dress yang elegan, ceritakan tentang bagaimana kamu merasa percaya diri dan glamour saat mengenakannya, atau sebaliknya, jika kamu memilih sweater yang nyaman, bagikan tentang kehangatan dan kenyamanan yang kamu rasakan, seperti sedang dibelai dengan kelembutan pada hari yang dingin.

Pintar Melihat Keunggulan Produk

Sebagai influencer, kamu memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya menunjukkan produk, tapi juga untuk memberikan penilaian yang mendalam dan bermakna tentang apa yang kamu promosikan. Ini berarti kamu harus bisa melihat detail-detail kecil yang membuat produk tersebut layak mendapatkan perhatian, serta menyampaikannya dengan cara yang autentik kepada audiensmu.

Mulailah dengan menggali keunggulan produk, apa yang membuatnya berbeda dari kompetitornya? Jika itu adalah sebuah pakaian, jelaskan tentang kelembutan bahan, keunikan desain, atau bahkan kenyamanan yang kamu rasakan saat memakainya. Pastikan untuk mengalami sendiri produk tersebut sehingga kamu benar-benar memahami kualitas yang kamu bicarakan. 

Punya Kepribadian Baik Sebagai Model Influencer

Menjadi seorang influencer berarti bahwa pribadimu selalu berada di bawah sorotan publik. Setiap tindakan dan ucapan mu berpotensi untuk mempengaruhi persepsi audiensmu dan merk yang bekerja sama denganmu. Oleh karena itu, penting untuk selalu menunjukkan kepribadian yang baik dan profesional dalam segala hal yang kamu lakukan.

Sebagai awal, ajarkan dirimu untuk selalu hadir dengan sikap ramah dan positif. Audiens sering 

kali tertarik kepada influencer yang menginspirasi dan membuat mereka merasa baik, dan jadi sikap ramah dan positif akan menjadi poin plus yang besar. Tunjukkan rasa terima kasihmu, berikan balasan yang hangat dan penuh pertimbangan dalam komentar, dan jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada pengikut-pengikutmu secara berkala.

Tau Konsekuensi dan Cuek dengan Hate Comment

Dalam berkarier di dunia digital sebagai influencer, kemampuan untuk menavigasi melalui komentar negatif adalah suatu keahlian yang tak terpisahkan. Pengguna internet memiliki berbagai pendapat dan tidak semua akan selaras dengan apa yang kamu bagikan. Menghadapi ‘hate comments’ atau kritikan tajam adalah bagian dari pekerjaan yang harus dikelola dengan perhatian dan kecermatan.

Pertama dan terutama, mempunyai ketahanan mental atau kulit tebal sangat penting. Ingatlah bahwa tidak semua kritik adalah refleksi pribadi terhadap dirimu, seringkali, itu hanyalah ekspresi dari frustrasi atau kekecewaan orang lain. Mempelajari cara untuk tidak mengambil hal-hal ini secara pribadi akan membantu kamu tetap fokus pada tujuan dan nilai-nilbu sendiri.

Namun, penting juga untuk membedakan antara komentar yang konstruktif dan yang hanya kebisingan. Kritik yang konstruktif seringkali disajikan dengan cara yang lebih logis dan menghargai, yang dimaksudkan untuk membawa perbaikan dan pertumbuhan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu persiapkan untuk menjadi fashion model influencer modal hp yang kamu miliki. Gak usah ribet, pokoknya kamu mulai aja dulu. Kalau kamu bingung mulai dari mana? Sekolah modeling bisa bantuin kamu, kamu bisa cerita melalui WhatsApp dan tim kami akan membantu kamu memilihkan kelas mana yang cocok untuk kamu

Leave a Comment