Syarat model agency

Catat! 8 Persyaratan Penting untuk Daftar Agency Model

Hai Models, taukah kamu kalau menjadi model itu nggak mudah, lho! Kamu harus punya banyak keterampilan dan memenuhi syarat tertentu untuk bisa berhasil. Salah satu kerjaan utama seorang model adalah mampu merepresentasikan brand yang ia ajak untuk kerjasama. Nah, ngomong-ngomong soal penampilan, seorang model harus bisa tunjukkan lebih dari sekedar paras yang menarik. Mereka harus bisa menunjukkan kalau mereka cocok dan sejalan dengan nilai serta pesan yang ingin disampaikan oleh suatu merek. Mulai dari cara berjalan, tatapan mata, hingga bentuk tubuh, semuanya harus bisa dicerminkan dalam berbagai promosi, baik itu iklan di majalah ataupun walk di catwalk.

Untuk bisa menampilkan hal tersebut, seorang model tentunya membuntuhkan partner atau yang biasa disebut dengan agensi model untuk mengarahkan mereka. Agensi model akan membantu kamu untuk menemukan potensi dalam diri kamu serta menghubungkan kamu dengan client yang cocok dengan karakteristik kamu. Untuk bisa menjadi bagian dari agensi model, ada beberapa persyaratan yang harus kamu ketahui. Artikel kali ini akan mengulas selengkapnya buat kamu. 

Minimal Tinggi Badan untuk Model Pria

Minimal tinggi model pria

Kalau kamu mau masuk ke dunia modeling, terutama jadi model cowok, biasanya yang dilihat duluan itu tingginya. Biasanya agensi model cari yang tingginya sekitar 180 cm ke atas. Tapi, ini nggak selalu paten, soalnya tiap agensi model punya aturan sendiri dan kadang-kadang tergantung juga sama apa yang dibutuhkan merek atau desainer yang mau pakai jasa model tersebut.

Nah, kenapa sih harus tinggi? Soalnya, kalau model itu tinggi, pakaian yang dipakai biasanya kelihatan lebih ‘jatuh’ dan enak dilihat pas difoto atau dipajang di catwalk. Plus, model yang tinggi biasanya membuat gambar atau scene-nya jadi terlihat lebih menarik dan berkesan.

Tapi jangan sedih dulu kalau kamu merasa nggak cukup tinggi. Di dunia modeling, tinggi badan itu penting, tapi nggak semuanya itu doang. Ada hal lain yang dihitung, kayak gimana kamu tampil, sifatmu, keunikkanmu, dan kemampuanmu.

Minimal Tinggi Badan untuk Model Wanita

Minimal tinggi model wanita

Minimal tinggi badan model cewe berapa biasanya kak? Biasanya, kalo agensi model cari model cewek, mereka suka yang tingginya 170 cm atau lebih. Soalnya tinggi segitu dianggap pas buat nunjukin baju atau barang biar kelihatan bagus dan proporsional, kayak yang sering kita lihat di model-model yang catwalk atau yang difoto buat majalah.

Tapi, tinggi badan itu bukan aturan mutlak kok. Tiap agensi punya cara pandang dan aturan tinggi sendiri, dan bisa berbeda-beda. Misalnya, ada agensi yang kerja di bagian tertentu dari modeling dan gak butuh tinggi model yang super ideal banget, macam buat foto produk atau iklan.

Sekarang ini juga, di dunia fashion lagi ada semangat baru yang lebih suka keanekaragaman bentuk tubuh, jadi ‘standar’ yang dulu-dulu bisa aja berubah. Jadi buat cewek-cewek yang tingginya kurang dari 170 cm, masih banyak kesempatan lain kok di bidang ini. Paling penting itu gimana kamu menampilkan diri, gaya yang kamu punya, dan bakatmu. Hal-hal kayak gini bisa bikin kamu tampak beda dan menarik, gak kalah sama yang tinggi-tinggi.

Berat Tubuh Proporsional

Secara umum, berat badan yang proporsional dapat meningkatkan daya tarik seorang model. Proporsi tubuh yang seimbang membuat fotografer dan desainer pakaian lebih mudah dalam mengatur pose dan tampilan dari model. Seorang model dengan berat badan proporsional bisa lebih fleksibel dalam menghadirkan berbagai gaya dan pose, memastikan bahwa mereka dapat mengenakan berbagai jenis pakaian dan terlihat menawan dalam berbagai pengaturan.

Selain itu, berat badan yang proporsional juga berarti bahwa model mengikuti pola hidup yang sehat. Dalam industri yang sibuk dan menuntut ini, kesehatan menjadi prioritas utama. Model-model yang menerapkan gaya hidup sehat cenderung memiliki stamina yang lebih baik, energi yang lebih banyak, dan bisa menghadapi jadwal yang padat dengan lebih baik. Ini juga menunjukkan kepada agensi dan klien bahwa model tersebut serius dan berkomitmen dalam menjaga penampilan dan kesehatan mereka.

Diutamakan yang Belum Menikah

Di dunia model, bisa hadir dan siap kapan saja adalah sangat penting. Ada alasan mengapa beberapa agen model lebih suka orang yang belum menikah. Bukan karena mereka tidak suka orang yang sudah menikah, tetapi lebih soal praktisnya. Mereka perlu model yang bisa ikut dalam semua tugas yang diberikan.

Model yang sudah menikah bisa saja merasa sulit menjalankan jadwal kerja yang padat atau pergi ke lokasi syuting yang jauh. Karena mereka sudah menikah, ada kalanya mereka perlu memikirkan tanggung jawab dan waktu untuk pasangan atau keluarga. Misalnya, model yang sudah menikah dan memiliki anak mungkin akan merasa sulit jika harus bepergian ke luar negeri dalam waktu singkat atau terlalu lama. Di samping itu, dunia model selalu berubah-ubah. Seringkali, model diharapkan bisa siap dalam waktu yang singkat, baik itu untuk foto mendadak atau acara fashion di negara lain. Siapa yang belum menikah biasanya lebih bebas dan bisa lebih siap saat dibutuhkan.

Penampilan Menarik

Di dunia model, terlihat menarik itu penting banget. Kamu harus bisa bikin orang-orang tertarik sama apa yang mereka kenakan atau promosikan. Jadi, gak heran deh kalau kamu harus selalu perhatiin gimana mereka terlihat. Pentingnya penampilan ini bukan cuma masalah wajah yang cantik atau tubuh yang bagus loh. Tapi juga tentang gimana mereka bisa memikat hati orang banyak dengan gaya kamu. Model-model ini harus tau cara memperlihatkan produk, seperti baju atau aksesoris, supaya orang-orang yang lihat pengin beli produk tersebut.

Penampilan yang menarik juga berarti model harus tau cara jaga diri. Kamu butuh makan sehat, rajin olahraga, dan pastinya perawatan kulit yang baik biar selalu tampil prima. Selain itu, kamu juga harus ngikutin tren fashion terbaru dan tau cara padu padan baju yang oke punya.

Mempunyai Kulit yang Terawat

Kulit yang sehat dan bersih itu sangat penting bagi model. Kenapa? Karena kulit yang terjaga dan tampak cantik bakal mempengaruhi gimana model tersebut bisa mengenakan dan mempromosikan produk dengan baik.

Misalnya aja, kalau modelnya promosiin produk skincare, orang-orang tentunya bakal lihat dulu kondisi kulit modelnya. Kalau kulitnya tampak sehat dan bersih, orang-orang bakal percaya dan mau coba produk yang dipromosikan. Tapi kalau kulit modelnya malah tampak kusam atau banyak jerawat, orang-orang bisa jadi ragu-ragu.

Rentang Usia Model

Dalam dunia modeling, usia itu memang sering jadi hal yang diperhatikan tetapi bukan sesuatu hal yang mutlak. Hal ini karena biasanya ada usia tertentu yang dianggap paling pas untuk mewakili sebuah brand atau produk. Meski begitu, umumnya model yang dicari itu berusia antara 18 sampai 30 tahun.

Kenapa sih usia segitu yang paling banyak dicari? Ini karena usia-usia tersebut dianggap bisa mewakili banyak aspek, mulai dari kesegaran dan energi yang biasanya dikaitkan dengan kaum muda, sampai ke tingkat kedewasaan dan elegan yang mungkin lebih mudah ditemukan di kalangan yang agak lebih tua. Misalnya, sebuah brand produk kecantikan remaja mungkin lebih mencari model yang usianya lebih muda untuk menonjolkan vibe yang ceria dan fresh. Sedangkan brand fashion dewasa mungkin membutuhkan model yang sedikit lebih tua, yang bisa memancarkan kesan mature dan classy.

Percaya Diri dan Karismatik

Percaya diri dan karisma itu kayak bumbu rahasia yang bikin seorang model itu spesial dan bisa ‘ngeh’ di mata orang yang lihat. Bayangin deh, seorang model kudu bisa tampil percaya diri, baik itu lagi berpose di depan kamera atau catwalk di runway. Ini penting banget karena attitude ini yang bikin mereka bisa “ngebawa” pakaian atau produk yang mereka pakai itu kelihatan lebih menarik.

Bayangin aja pas ada model yang jalan di catwalk, yang look-nya biasa aja, tapi karena cara dia bawa dirinya yang penuh percaya diri dan punya karisma, tiba-tiba jadi pusat perhatian. Itulah magisnya! Percaya diri itu kayak magnet yang bisa bikin orang enggak bisa berpaling. Dan ini mesti dari dalam, loh! Model harusnya ngerasa yakin sama dirinya sendiri, sama kemampuan mereka buat mempresentasikan apa yang lagi mereka pakai atau promosiin.

Persyaratan Penting untuk Daftar Agency Model

Itulah 8 persyaratan penting yang umumnya harus dipenuhi jika kamu ingin mendaftar menjadi model di sebuah agency. Nah, mungkin kamu ada yang merasa, “Wah, saya nggak memenuhi semua kriteria itu.”

Tapi, nggak usah jadi sedih atau merasa minder, ya. Kenapa? Karena dalam dunia modeling, ada banyak jalan dan peluang yang bisa kamu coba. Setiap model punya keunikan dan kelebihan masing-masing, dan mungkin saja ada agency atau brand di luar sana yang sedang mencari orang seperti kamu.

Kalau kamu penasaran, yuk coba tanya-tanya persyaratan daftar agensi model di Sekolah Modeling dulu. Kita bisa kasi kamu beberapa tips yang bakalan bantu kamu buat mulai karir di dunia modeling.

Leave a Comment