Jadi model catwalk

Tips Persiapkan Diri untuk Menjadi Model Catwalk

Hai Models, apa kabar nih? Semoga kalian semua lagi on fire dan nggak lupa latihan hari ini. Ingat ya, di dunia modeling itu, persaingannya ketat banget. Jadi, kamu harus selalu siap dan latihan dengan cara yang bener dan teratur supaya bisa bertahan di dunia modeling. 

Kamu juga harus terus update soal apa yang lagi hits di fashion. Tren itu kan gonta-ganti, kalian nggak boleh ketinggalan dong. Jangan pernah berpikir cuma gara-gara cakep doang bisa langsung jadi model sukses. Industri modeling itu soal banyak hal, enggak cuma soal muka doang lho.

Artikel kali ini akan memberikan beberapa ulasan yang bisa membantu kamu mempersiapkan diri untuk menjadi model catwalk. Simak di bawah ya!

Ikuti Workshop atau Kelas Modeling

Ikuti workshop atau kelas modeling

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan menjadi model adalah dengan ikut workshop atau kursus modeling. Di zaman yang serba digital ini, beragam pelatihan sudah bisa kamu akses hanya dengan sejentik jari. Cukup dengan ponsel yang kamu miliki, segala tantangan jarak dan waktu bisa dilampaui. Ada banyak kelas modeling online yang bisa kamu coba. Mereka biasanya bakal ngajarimu teknik dan trik awal yang berguna untuk dunia modeling.

Yang seru lagi, banyak dari kelas atau workshop ini yang diadakan atau bahkan diajarkan langsung oleh para model terkenal atau profesional dibalik industri modeling. Jadi, selain belajar teknik-teknik dasar seperti berjalan di catwalk, mengatur postur tubuh, hingga ekspresi wajah, kamu juga bisa mendapatkan tips langsung dari mereka yang sudah berada di industri ini. 

Mulai Merawat Penampilan

Mulai merawat penampilan

Nah, setelah workshop dan kursus modeling, jangan lupa juga soal pentingnya merawat penampilan. Sebagai model, penampilan adalah salah satu aset utama yang harus dijaga dan ditingkatkan. Langkah pertamanya yaitu dengan memahami tubuhmu sendiri. 

Tau nggak sih? Setiap orang itu punya jenis kulit dan bentuk tubuh yang unik, loh. Dengan mengetahui jenis kulitmu, kamu bisa menyesuaikan jenis makeup yang bisa menonjolkan sisi terbaikmu, dan bukan malah bikin wajahmu breakout atau iritasi.

Kamu juga harus mulai memahami bentuk tubuhmu. Kenapa penting? Karena fashion itu bukan one-size-fits-all, jadi harus tau dong gimana style dan pakaian apa yang cocok untuk tubuhmu. Misalkan nih, kalo bentuk tubuhmu petite, mungkin pakaian dengan potongan tertentu bisa membantu memberi ilusi tinggi pada penampilanmu. Atau jika tubuhmu curvy, ada juga model dan potongan pakaian yang bisa menonjolkan lekuk tubuhmu dengan cantik. Semua ini penting untuk membentuk branding dirimu sebagai seorang model.

Rajin Berolahraga Agar Tubuh Lebih Proporsional

Rajin olahraga agar tubuh lebih proporsional

Menjadi model bukan hanya tentang memiliki tubuh yang ramping atau kurus seperti yang seringkali digambarkan oleh media. Model juga harus memiliki tubuh yang sehat dan proporsional. Dalam konteks ini, proporsional bukan berarti harus mengikuti standar tertentu, melainkan lebih kepada bagaimana kamu mampu mengoptimalkan bentuk tubuhmu sendiri dengan cara yang sehat dan positif. Pahami bahwa setiap tubuh punya keunikan dan proporsi tersendiri. Kamu sebaiknya fokus untuk menjaga agar tubuhmu tetap bugar, sehat, dan terawat. Bentuk tubuh yang sehat dan terawat itulah yang justru akan memberikan keseimbangan proporsional. 

Cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan tersebut tentunya adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga berat badan, meningkatkan mood, hingga menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa memilih jenis olahraga sesuai dengan preferensi pribadimu, namun pastikan bahwa olahraga tersebut bisa membantu menjaga stamina dan kebugaran tubuhmu.  

Syarat Menjadi Model Catwalk

Syarat jadi model catwalk

Menjadi seorang model catwalk tentu memerlukan lebih dari sekedar penampilan menarik dan tubuh yang bugar. Kamu harus memenuhi beberapa syarat atau kriteria tertentu. Simak beberapa syaratnya di bawah ini:

1. Apakah Menjadi Model Catwalk Harus Tinggi?

Industri modelling memang terkenal dengan kriteria khusus untuk tinggi badan, terutama untuk model catwalk. Standar ini dibentuk berdasarkan kebutuhan para desainer fashion yang ingin kreasi mereka terlihat sempurna saat dipamerkan di runway. Tinggi badan yang ideal sering dianggap mampu memberikan keuntungan dalam hal proporsi baju dan tentunya estetika visual. 

Namun kamu juga perlu mengetahui bahwa dunia fashion terus berkembang, dan stereotipe seputar model catwalk pun mulai bergeser. Industri modeling sekarang lebih inklusif dan beragam. Meskipun model dengan tinggi badan tertentu masih dominan di beberapa segmen pasar fashion, kini semuanya tergantung dari kebutuhan brand. 

2. Menjadi Model dengan Berat Badan Proposional 

Apakah menjadi model berarti harus memiliki berat badan yang kurus? Persepsi bahwa model harus memiliki tubuh yang ‘kurus kering’ merupakan anggapan yang telah lama mengakar dalam industri fashion. Pada masa lalu, standar kecantikan sering kali dikaitkan dengan tubuh yang sangat langsing, yang seringkali tidak mencerminkan bentuk tubuh rata-rata kebanyakan orang. Standar ini telah menciptakan tekanan besar bagi model untuk mempertahankan ukuran tubuh yang seringkali tidak sehat demi memenuhi ekspektasi tersebut. 

Namun, penting untuk dipahami bahwa berat badan model seharusnya bukanlah soal mencapai angka tertentu di timbangan, melainkan lebih tentang seberapa proporsional berat badannya terhadap tinggi dan bentuk tubuhnya, karena itulah yang akan mencerminkan kebugaran dan kesehatan. 

3. Rentang Usia Model

Rentang usia untuk menjadi model semakin beragam seiring dengan berjalannya waktu, terutama karena industri fashion dan iklan semakin menyadari nilai dan kebutuhan konsumen dari semua lapisan usia. Pada masa lalu, karir modelling sering diasosiasikan dengan hijau, muda, dan dinamis. 

Model sering dipaksa untuk memulai karir mereka pada usia yang sangat muda dan kemudian dianggap ‘sudah tua’ ketika mereka mencapai akhir dua puluhan atau awal tiga puluhan. Namun, seiring dengan perubahan pola pikir dan meningkatnya permintaan untuk representasi yang lebih autentik dalam media, rentang usia model telah berkembang.

4. Berpenampilan Menarik

Jadi, apa arti dari berpenampilan menarik dalam dunia model? Mungkin kita berpikir harus cantik atau tampan dengan bentuk tubuh sempurna. Padahal sebenarnya, dunia model tidak hanya melihat itu saja. Seorang model harus punya ‘sesuatu’ yang membuat mereka berbeda dan menarik dibanding orang lain. Ini bisa berarti punya ekspresi wajah yang bagus, badan yang menarik, pandai memperlihatkan diri, atau punya ‘daya tarik’ lebih dari sekedar bentuk fisik. Selain itu, model juga harus punya rambut, kulit, dan gigi yang terawat, ini juga bisa menambah penampilan kamu jadi lebih menarik. 

5. Mempunyai Wawasan Luas Mengenai Mode

Mempunyai wawasan luas mengenai mode sangat penting bagi model. Mengerti tentang berbagai gaya, desainer, tren, teknik, dan sejarah mode akan membuat kamu sebagai model lebih siap saat bekerja di berbagai proyek dan situasi. Seorang model yang mengerti dunia mode akan lebih mudah bekerja sama dengan kreatif, seperti desainer, fotografer, atau penata rias, karena mereka punya pengetahuan yang sama. 

6. Disiplin

Karier modelling memang tampak menarik, namun di balik itu semua, ada kenyataan bahwa pekerjaan ini membutuhkan disiplin tinggi. Jam kerja yang panjang bukanlah sesuatu yang tidak biasa dalam dunia ini. Banyak sesi pemotretan atau casting bisa berlangsung sepanjang hari, terkadang hingga larut malam atau bahkan berlangsung beberapa hari. Oleh karena itu, seorang kamu sebagai model harus siap untuk bekerja keras dan siap secara fisik.

7. Mampu Berkomunikasi dan Percaya Diri

Menjadi model catwalk yang baik tidak hanya berbicara tentang penampilan fisik yang menarik, tetapi juga melibatkan penguasaan teknik komunikasi yang tepat dan rasa percaya diri yang kuat. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu kamu dalam membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja natinya serta dapat membantu kamu mendapatkan project lainnya jika mereka suka bekerjasama dengan kamu. 

Perlu Proses Belajar untuk Menjadi Model Catwalk 

Itulah tadi beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menjadi model catwalk. Meski banyak hal yang perlu dikerjakan, ingatlah bahwa yang paling penting adalah memulai proses belajarnya. 

Belum tahu harus memulai dari mana? Coba ikuti kursus online di Sekolah Modeling untuk mempelajari dasar-dasar berjalan di catwalk. Sekolah Modeling menyediakan video online yang bisa kamu ulangi sebanyak mungkin sampai kamu benar-benar mengerti. Jika kamu menemui kendala dalam belajar, kamu juga bisa berkonsultasi dengan pihak Sekolah Modeling.

Leave a Comment