Perlengkapan wajib model fashion

Perlengkapan Wajib yang Harus Dimiliki Para Model Fashion

Menjadi model fashion yang profesional itu gak cuma soal punya wajah cantik atau tubuh ideal. Lebih dari itu, pekerjaan ini butuh kerja keras, dedikasi tinggi, dan keinginan kuat untuk selalu tampil terbaik. Di dunia fesyen yang penuh saingan ini, cara kamu menampilkan diri itu sangat penting. Seorang model harus bisa menunjukkan bukan hanya kecantikannya, tapi juga kepribadian dan gaya unik mereka melalui tiap pose dan langkah di depan kamera atau saat jalan di catwalk.

Untuk bisa tampil maksimal, seorang model butuh lebih dari sekedar tubuh dan wajah yang menarik. Model harus punya perlengkapan penting yang bantu mereka selalu tampil oke, baik dari segi penampilan maupun kondisi fisik dan mental. Perlengkapan ini penting banget untuk memastikan model bisa selalu tampil sempurna. Dari mulai alat make up yang bikin wajah mereka tambah menawan, sampai sepatu high heels yang bikin postur mereka terlihat lebih bagus dan percaya diri saat berjalan di catwalk. 

Simak artikel kali ini biar kamu tau kira-kira perlengkapan apa aja sih yang dibawa oleh model fashion profesional.

Alat Make Up Basic

Perlengkapan model alat make up basic

Dalam dunia modelling, penampilan adalah hal penting. Untuk bisa tampil sempurna kapan saja, model fashion harus punya set make up dasar: foundation, blush on, lipstik, dan mascara. Foundation penting buat meratakan warna kulit dan sembunyikan cacatnya, blush on bikin wajah tampak segar dan berdimensi, lipstik dapat menekankan bibir dan menunjukkan suasana hati, dan mascara penting untuk mempercantik mata. Semua barang ini sangat krusial biar model tampak fresh dan percaya diri. 

Walau ini cuma alat make up dasar, tapi pengetahuan tentang cara pakainya dengan tepat sesuai warna dan jenis kulit sangat penting buat model. Dengan tahu cara menggunakan dan memberi accents menggunakan make up, model bisa tampil maksimal di depan kamera atau saat berjalan di catwalk. Belum lagi, biasanya make up yang baik juga bisa menambah kepercayaan diri mereka. 

Sepatu High Heels Minimal 9 cm

Perlengkapan model sepatu high heels

Selanjutnya, memiliki sepatu high heels yang tingginya minimal 9 cm itu penting banget buat model saat mereka jalan di catwalk. Sepatu tumit tinggi ini bukan cuma bikin mereka terlihat lebih tinggi, tapi juga bikin postur tubuh jadi lebih bagus loh. Dengan tumit yang tinggi, langkah mereka jadi lebih anggun dan meningkatkan kepercayaan diri saat di depan banyak orang atau kamera. Ini seperti sihir yang langsung merubah penampilan mereka jadi lebih menarik.

Tapi, jangan salah lho, berjalan dengan sepatu high heels itu gak semudah kelihatannya. Perlu latihan yang banyak dan harus sabar biar bisa jalan dengan lancar tanpa terlihat kaku atau bahkan terjatuh. Menggunakan sepatu high heels tinggi bukan hanya menunjukkan gaya, tapi juga menunjukkan kemampuan dan profesionalisme model. 

Sepatu Kets Warna Putih

Sepatu kets putih

Sepatu kets warna putih itu berguna banget buat model. Kenapa? Karena selain keren dan gak lewat mode, sepatu ini juga nyaman dipakai! Setelah capek berjalan pakai high heels, tentu kaki butuh istirahat, dan sepatu kets putih ini bisa jadi solusinya. Ditambah lagi, sepatu ini bisa dipadu-padankan dengan banyak outfit, dari jeans sampe rok, jadi meski lagi libur model tetap terlihat stylish.

Sepatu kets putih ini bisa bikin penampilan para model termasuk kamu nantinya terlihat rapi dan terawat. Kalo mau pergi casting, nongkrong bersama teman, atau jalan-jalan, sepatu ini sangat pas. Karena model biasanya sibuk dan mesti siap tampil kapan saja, sepatu kets putih ini sangat membantu untuk penampilan cepat tapi masih oke. 

Stocking

Stocking sebagai perlengkapan model

Kemudian, stocking bukan hanya selembar pakaian pelengkap, tapi punya fungsi yang lebih dari itu, khususnya bagi para model. Pertama, stocking bisa jadi pelindung kaki. Pas model harus pakai berbagai jenis sepatu, dari yang super nyaman sampe yang bisa bikin lecet, stocking ini bisa jadi pengaman. Dengan stocking, gesekan antara kaki dan sepatu jadi berkurang, sehingga bisa mencegah kaki iritasi atau terluka.

Kedua, stocking itu bisa menambah nilai plus pada gaya berpakaian. Bayangin deh, penampilan bisa langsung beda cuman dengan tambahin stocking. Dari yang model polos yang simple sampai yang bermotif atau berwarna cerah, semua berperan besar dalam menciptakan image atau gaya tertentu. Misal, stocking hitam polos bisa bikin kaki kelihatan lebih jenjang dan langsing, sedangkan yang bermotif bisa jadi statement piece yang menarik perhatian.

Sisir Rambut

Sisir rambut perlengkapan model

Sisir rambut bukan sembarang barang untuk model. Ya, dia bisa dipakai untuk ngerapiin rambut, tapi fungsi sisir itu lebih dari cuma itu. Sisir juga punya peran besar dalam menjaga dan merawat kesehatan rambut. Model harus sering berganti gaya rambut untuk pemotretan atau peragaan di catwalk. Dari yang natural sampai gaya yang ekstrem, rambut mereka sering jadi objek eksperimentasi. Menggunakan sisir yang baik bisa membantu memastikan rambut tetap sehat meski harus sering di-styling.

Menyisir rambut dengan cara yang benar juga bisa bikin rambut jadi lebih kuat dan sehat. Sisiran yang lembut dan teratur bisa membantu merangsang aliran darah di kulit kepala, yang berarti rambut akan mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Ini bisa membantu rambut jadi lebih kuat, mengurangi kerusakan, dan meminimalisir rambut rontok.

Tanktop

Tanktop putih maupun warna lainnya

Para model harusnya punya tanktop warna-warni dan model yang beragam di lemari mereka. Sebab, tanktop mudah banget dicocokkan dengan pakaian lain. Kalau mau gaya sehari-hari yang gampang, cukup pakai tanktop putih bersih sama celana jeans. Ingin tampil lebih penuh gaya? Coba saja tambahkan jaket keren di atas tanktop mu.

Tanktop bukan cuma polosan loh, ada juga yang punya potongan atau hiasan di belakang yang bikin tampilan jadi lebih spesial. Mau tampil formal? Tanktop yang pas di badan bisa kamu pakai di bawah jas atau cardigan biar keliatan rapi dan sopan. Macem-macem bahan tanktop, ada yang dari katun yang nyaman buat pakai sehari-hari, sampai yang dari sutra untuk acara istimewa. 

Celana Panjang

Celana panjang

Celana panjang adalah salah satu baju yang wajib ada di lemari setiap orang, termasuk model. Sama seperti kaos tanktop, celana panjang bisa dipakai dalam berbagai situasi dan mudah dipadukan dengan baju lain. Celana panjang bisa dipakai dengan kaos untuk gaya santai, dengan kemeja untuk gaya semi-formal, atau dengan blazer dan baju formal lainnya untuk gaya yang lebih serius dan elegan. Ada banyak jenis celana panjang yang bisa dipilih. Misalnya, celana jeans atau chinos untuk gaya santai, atau celana sutra atau wol untuk gaya yang lebih mewah dan formal. 

Bagi model, penting untuk bisa menyesuaikan diri dengan gaya dan konsep yang berbeda-beda, dan celana panjang sangat membantu untuk hal ini. Celana jeans cocok untuk foto santai atau kegiatan sehari-hari, sedangkan celana sutra atau wol pas banget untuk acara formal atau foto yang butuh gaya lebih mewah. 

Perlengkapan Lainnya

1. Bra dengan Tali Flexible

Bra dengan tali sangat penting dipersiapkan oleh model karena memberikan keamanan dan kenyamanan saat mereka pakai, baik ketika berjalan di atas panggung atau saat berpose di depan kamera. Dengan bra yang memiliki tali, model bisa merasa yakin bahwa mereka terdukung dengan baik sehingga bisa bekerja tanpa khawatir. Bra ini cocok untuk dipakai sepanjang hari, karena bisa disesuaikan agar pas di tubuh, dan membantu model meluncurkan pakaian dengan sempurna tanpa merasa tidak nyaman. 

Selain itu, tali pada bra memberi model keleluasaan untuk mengganti gaya sesuai dengan berbagai potongan baju. Misalnya, jika model harus mengenakan baju dengan bahu terbuka, mereka bisa menyesuaikan atau bahkan melepas tali bra. Beberapa bra bahkan dirancang dengan tali yang cantik dan bisa dilihat sebagai aksesori tambahan untuk baju tersebut. 

2. Deodorant

Model seringkali dihadapkan pada situasi yang menuntut mereka untuk tetap terlihat sempurna dalam segala kondisi, termasuk saat berada di bawah lampu sorot yang panas, lama berdiri saat sesi foto, atau berlenggak-lenggok di atas catwalk. Kondisi-kondisi seperti ini tak jarang mengakibatkan mereka berkeringat dan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, deodorant atau antiperspirant menjadi barang penting yang tidak boleh diabaikan oleh para model untuk menjaga agar mereka tetap terasa wangi dan segar seharian.

Deodorant tidak hanya membantu mengurangi bau badan yang tidak diinginkan, tetapi juga bisa memberikan rasa percaya diri kepada para model. Ketika mereka merasa wangi dan fresh, hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berinteraksi di setiap sesi pemotretan atau pun saat berjalan di runway. Kepercayaan diri yang tinggi ini akan terpancar melalui ekspresi wajah dan bahasa tubuh, yang pada akhirnya akan menghasilkan foto yang bagus.

3. Parfum

Dalam dunia modeling, penampilan memang menjadi faktor utama. Namun, hal lain yang tak kalah penting adalah aroma yang ditimbulkan oleh seorang model. Baik di belakang layar saat persiapan, atau saat berjalan dengan percaya diri di atas catwalk, seorang model harus selalu “smell good”. Oleh karena itu, parfum menjadi salah satu item tak terpisahkan dari kehidupan seorang model.

Parfum juga berperan dalam membangun personal brand dari seorang model. Aroma yang dipilih bisa mencerminkan kepribadian dan gaya seseorang. Model bisa memilih aroma yang segar dan ringan untuk tampilan yang santai dan casual, atau aroma yang lebih elegan dan sophisticated untuk acara formal dan glamour. Dalam beberapa kasus, model juga bisa memiliki “signature scent”, atau aroma khas yang menjadi identitas mereka.

Nah, itu dia beberapa barang penting yang harus ada buat para model, terutama kalau kamu masih baru di dunia modeling. Menyiapkan perlengkapan ini sangat penting lho. Tapi ingat, nggak cukup cuma punya perlengkapan aja, kamu juga harus terus belajar dan nambah pengetahuan tentang dunia model. Mau tau caranya? Gampang kok, kamu bisa coba daftar ke Sekolah Modeling. Sekolah ini menawarkan kelas yang berisi video tutorial yang bisa kamu tonton di mana pun dan kapan pun, jadi belajar modeling jadi lebih fleksibel dan mudah.

Leave a Comment