Keuntungan jadi model fashion

10 Keuntungan Jadi Model Fashion yang Wajib Kamu Ketahui

Menjadi model fashion tidak hanya soal tampak cantik di depan kamera atau berjalan dengan anggun di panggung fashion. Pekerjaan ini tidak hanya mengandalkan kecantikan, tetapi juga butuh keterampilan dan semangat yang tinggi terhadap seni dan fashion. Bukan hanya soal berfoto atau berjalan di catwalk saja, tapi juga tentang persiapan di belakang layar, seperti audisi, latihan, dandan dan berbagai hal lainnya.

Lebih jauh lagi, menjadi model fashion bisa membuka banyak peluang dan pengalaman baru. Kamu bisa mendapatkan kesempatan bekerja dengan tim kreatif yang berbakat, merasakan sensasi saat menjadi pusat perhatian, mendapat penghargaan untuk kerja kerasmu, dan bahkan traveling ke berbagai tempat menarik. Artikel kali ini akan membahas 10 keuntungan jadi model fashion yang wajib kamu ketahui. 

Selalu Update Tentang Trend Fashion

Update trend fashion

Sebagai model, kamu pasti akan berada di depan industri fashion. Ini berarti kamu akan menjadi salah satu orang pertama yang melihat tren fashion baru. Mulai dari warna, corak, sampai gaya terbaru, kamu akan mengetahuinya lebih dulu. Keuntungan ini membuat kamu bisa melihat lebih dulu apa yang akan jadi tren di masa depan, sebelum banyak orang lain tahu. 

Bukan cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk gaya pribadi. Dengan melihat langsung perkembangan fashion, kamu bisa belajar mengambil berbagai elemen dan menggabungkannya menjadi gaya kamu sendiri. Kamu bisa belajar bagaimana cara mengadaptasi tren baru ke dalam gaya kamu. 

Punya Banyak Relasi dari Dunia Fashion

Punya banyak relasi

Ketika kamu terjun ke dunia fashion, salah satu manfaat besar yang bisa didapat adalah membentuk jaringan relasi yang luas. Dunia fashion itu sendiri seperti komunitas besar, dimana kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang seperti model lainnya, fotografer profesional, desainer busana, hingga para editor majalah mode terkemuka. 

Kamu bisa belajar banyak dari pengalaman mereka, mulai dari tips menghadiri casting, cara berkomunikasi dengan agensi model, hingga bagaimana menjaga kondisi fisik dan mental yang baik. Sementara itu, berhubungan dengan fotografer bisa membuka mata kamu tentang bagaimana terlihat terbaik di kamera. Tidak hanya itu, kerjasama yang baik dengan fotografer seringkali menghasilkan portofolio yang kuat, yang bisa sangat meningkatkan peluang kamu di pasar modelling. 

Kesempatan Bertemu Desainer Terkenal

Bertemu desainer terkenal

Bekerja sebagai model itu seru, terutama saat kamu bisa kerja sama langsung sama desainer fashion yang terkenal atau yang lagi naik daun. Ini buka kesempatan buat belajar banyak dari mereka yang udah ahli dan inovatif di dunia fashion. Ketika kamu kerjasama dengan desainer untuk siapin fashion show, foto untuk iklan, atau proyek lainnya, kamu jadi tahu lebih banyak tentang bagaimana koleksi baju dibuat. Kamu bisa lihat sendiri bagaimana suatu ide bisa jadi sketsa di kertas terus berubah jadi baju yang dipakai model di catwalk. Ini nggak cuma nunjukin sisi artistik dari fashion, tapi juga hal-hal teknis dan detailnya.

Desainer yang udah terkenal biasanya punya cerita menarik soal gimana mereka menciptakan karya mereka, apa inspirasinya, bagaimana perjuangan karir mereka di fashion, sampai tantangan apa aja yang harus mereka hadapi. Belajar dari desainer juga membuat kamu mengerti lebih dalam tentang detail fashion, misalnya tentang cara milih bahan, cara menjahit, sampai gimana desain bisa mengubah cara orang memandang dan merasakan suatu baju. 

Kesempatan Bertemu Model Senior

Bertemu model senior

Salah satu bagian yang tak terpisahkan dari dunia modeling adalah peluang bertemu dan bekerja dengan model-model senior. Pengalaman mereka yang panjang dan beragam dalam industri ini adalah sumber ilmu yang sangat berharga dan berarti. Bekerjasama dengan model senior memungkinkanmu melihat cara mereka bekerja, baik di depan kamera, catwalk, atau saat interaksi dengan klien dan tim lain. 

Cara mereka berkomunikasi, sikap profesional yang mereka tunjukkan, dan etika kerja yang mereka praktikkan, bisa menjadi pembelajaran berharga bagimu tentang bagaimana menjadi seorang model yang sukses. Kadang-kadang, model senior juga mau berbagi wawasan dan tips personal tentang surganya modeling, misalnya bagaimana mereka menjaga penampilan dan kesehatan, cara mereka menangani stres dan tekanan kerja, hingga bagaimana mereka menjaga keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadi. 

Melebarkan Sayap Hingga Internasional

Karir model internasional

Keasyikan jadi model adalah kamu bisa bepergian ke berbagai negara. Kamu bisa dipanggil buat foto-foto buat iklan, ikut fashion show, atau jadi bagian dari kampanye iklan di negara lain. Kunci buat bisa sukses dan terkenal di level internasional adalah dengan tekun dan rajin mengembangkan kemampuanmu dan juga portofolio kerjamu.

Bagi model, bisa go internasional itu mimpi yang jadi kenyataan. Kamu bisa bekerja sama dengan brand fashion yang terkenal atau fotografer ternama dari berbagai belahan dunia. Selain itu, ini juga bisa jadi kesempatan buat belajar tentang budaya dan gaya orang-orang dari negara lain, yang pastinya bakal tambah pengalaman dan pengetahuanmu soal fashion.

Tapi harus diingat juga, persaingan di level internasional itu pasti lebih ketat. Jadi, kamu harus selalu berusaha keras untuk tetap berkembang dan mampu bersaing. Kamu juga perlu jaga profesioanalismemu dan juga kesehatanmu, baik fisik maupun mental.

Ikuti Event-Event Bergengsi

Ikuti event-event bergengsi

Jadi model itu, salah satu highlight-nya ya kalo kamu bisa ikutan acara fashion yang gede banget dan mewah, seperti Paris Fashion Week, Milan Fashion Week, atau New York Fashion Week. Acara-acara ini seperti pintu gerbang yang bisa buka banyak jalan dan buat namamu makin dikenal.

Kamu jadinya punya kesempatan untuk catwalk di panggung yang sama dengan model-model top dunia, pakai desain baju dari designer paling hits, dan dipotret oleh fotografer terkenal. Bayangin aja, kamu iklan bareng produk-produk kece, dan mungkin fotomu nanti bisa jadi pusat perhatian di majalah-majalah fashion ternama. Mengikuti acara besar seperti itu juga bisa bantu karirmu naik tingkat. Misalnya, dari yang mungkin awalnya model pemula atau yang baru dikenal di lokalmu, kamu bisa jadi model internasional yang dipanggil-panggil buat job di luar negeri.

Punya Penghasilan Pribadi

Punya penghasilan pribadi

Masuki dunia modeling dan kamu bukan cuma mendapatkan kesempatan tampil kece di depan kamera, tapi juga punya kesempatan buat dapetin duit sendiri. Lumayan kan, kalo bisa dapet penghasilan dari hobi yang kamu gilai. Kamu bisa mulai dari job-job kecil, tapi lama-lama, siapa tau kamu bisa ngisi tabungan dengan nominal yang gak kecil lagi.

Eits, tapi jangan salah, kalo kamu udah bisa tunjukkin kualitas dan style yang unik, brand-brand gede bisa mati-matian pengen kamu jadi muka mereka. Bayangin, kalo kamu sekali jadi brand ambassador, kontrak yang ditawarkan bisa panjang dan tentunya, nilai uang yang dibicarakan gak main-main. Gak cuma itu, kadang ada juga bonusnya, seperti produk gratis, perjalanan ke tempat tertentu, atau bahkan undangan ke event VIP.

Menambah Pengetahuan di Dunia Entertainment

Menambah pengetahuan di dunia entertainment

Terjun ke dunia modeling itu ibarat masuk ke sebuah gerbang yang langsung bawa kamu ke pusat hiburan. Di sini, kamu gak cuma dipelototin kamera dan diliput majalah, tapi juga bisa terlibat langsung dalam industri yang flashy dan penuh gemerlapan, yaitu entertainment. Dari catwalk, sesi foto, hingga iklan, semuanya memberikan kamu insight tentang sejauh mana dunia hiburan berkembang dan bekerja. 

Belajar di dunia modeling itu bukan cuma soal pose atau ekspresi wajah yang tepat, tapi juga tentang bagaimana satu show disiapkan, dari konsep awal sampai akhir. Kamu ngelihat sendiri bagaimana tim kreatif beranggotakan berbagai individu, dari desainer, fotografer, hingga stylist, bekerja sama untuk mencapai satu visi. Ini semacam mini-universitas entertainment yang bisa ngasih kamu pengetahuan langsung dan real time.

Berkesempatan Mencoba Karir Entertainment Lainnya

Banyak model tidak hanya senang berpose di depan kamera, tetapi juga ingin coba yang baru di dunia hiburan. Dengan pengalaman dan kepercayaan diri yang didapat selama modeling, mereka mencoba menjadi aktor, penyanyi, bahkan presenter. Eksposur dan pengalaman dari modeling menjadi dasar kuat untuk mencoba hal baru di berbagai media.

Pergantian ini biasanya tidak terjadi begitu saja. Dunia modeling mengajarkan pentingnya ekspresi, gerakan, dan cara menyampaikan sesuatu meski tanpa kata. Ini semua penting di dunia akting atau nyanyi. Selain itu, bertemu dan kerja sama dengan orang dari berbagai bidang bisa membuka jalan dan memberi pengalaman berharga untuk karir baru. Jaringan yang dibangun saat modeling sering menjadi titik awal supaya model dikenal oleh produser film, pencari bakat, dan lainnya. 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika kamu memutuskan untuk terjun ke dunia model fashion. Tentunya, masih ada banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Namun, daripada hanya membahas keuntungannya, mungkin akan lebih baik jika kamu mencobanya langsung. 

Bagaimana cara memulai menjadi model? Sangat mudah, loh! Jika kamu merasa malu atau belum percaya diri, kamu bisa mulai dengan mengikuti kelas model online di Sekolah Modeling. Kami menyediakan berbagai macam kelas untuk membantu kamu memahami dasar-dasar modeling serta latihan praktek yang bisa dilakukan di rumah. 

Dengan demikian, saat kamu memutuskan untuk mengikuti kelas tatap muka, kamu tidak akan merasa ketinggalan. Semua materi kelas disajikan dalam bentuk video online yang bisa kamu tonton berkali-kali. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang dapat menjadi nilai tambahmu saat mencoba melamar pekerjaan di dunia modeling.

Leave a Comment