model makeup

Ingin Jadi Model Makeup Artist? Simak Cara Berikut Ini

Hai Models, pernah nggak sih kepikiran untuk jadi modelnya makeup artist atau MUA? Mungkin kalian jadi penasaran setelah lihat teman atau sahabat posting foto mereka sebagai muse alias model makeup artist yang berbakat?

Kalau iya, tenang aja, kamu nggak sendirian. Dengan perkembangan media sosial dan industri kecantikan yang makin pesat, banyak orang terinspirasi untuk coba dunia modeling. Kenapa nggak? Kamu bisa punya make-up on point setiap waktu dan juga dapet pengalaman berharga jadi bagian dari karya seni yang keren.

Tapi sebelum terjun langsung, pasti kamu bertanya-tanya: “Gimana sih caranya jadi model Makeup Artist?”. Jangan khawatir, kita akan kupas tuntas bareng-bareng di artikel ini. Let’s find out!

Bangun Imagemu Sebagai Model Makeup Artist

Bangun Imagemu Sebagai Model Makeup Artist

Langkah pertama untuk jadi model makeup artist adalah membangun image dirimu sebagai model. Hal ini melibatkan cara kamu menyajikan diri baik secara langsung maupun di media sosial. Pastikan kamu ngerti nilai yang ingin kamu representasikan dan konsisten dalam membangun image tersebut.

1. Image Melalui Media Sosial

Di era digital ini, kamu punya kekuatan di ujung jari untuk membangun portofolio dan menunjukkan bakatmu kepada dunia, terutama kepada para makeup artist (MUA) yang mencari model. Media sosial seperti TikTok dan Instagram bukan cuma buat bersenang-senang. Mereka bisa jadi alat ampuh untuk melejitkan kariermu di dunia kecantikan.

  • Instagram: Dengan fitur-fitur seperti post, stories, IGTV, dan Reels, Instagram jadi tempat yang bagus untuk memamerkan karya kecantikanmu, baik itu hasil makeup sendiri atau hasil kolaborasi dengan MUA. Konsisten posting konten yang relevan dan menarik bisa membuat MUA ternama tertarik bekerja sama denganmu.
  • TikTok: Platform ini punya daya tarik dengan video-video pendek yang viral. Kamu bisa bikin konten kreatif seperti tutorial makeup simpel, challenge yang sedang tren, atau vlog saat kamu didandani oleh MUA. Kreativitas tanpa batas di TikTok memungkinkan kamu menjangkau audiens yang lebih luas.

2. Image dengan Ikut Event Kecantikan

Ikut event kecantikan adalah langkah strategis untuk memperkuat image kamu sebagai model MUA yang serius dan profesional. Event-event ini sering jadi tempat berkumpul para enthusiast, profesional, dan pelaku industri yang bisa memberikan eksposur dan peluang networking.

Contohnya seperti ikut event kecantikan. Dari workshop tutorial makeup, pameran produk kecantikan terbaru, sampai fashion show, semua kegiatan ini memberikan kesempatan untuk memperdalam pengetahuan tentang tren dan inovasi industri, serta menampilkan komitmenmu di mata para profesional.

Baca juga: Pahami Kontrak Kerja Model Fashion Sebelum Memulai

Manfaatkan Bisnis MUA Temanmu

Kalau mau jadi model makeup artist, kamu bisa mulai dengan bantu teman yang punya bisnis makeup artist. Cara ini bukan cuma seru, tapi juga kasih kamu pengalaman yang berharga. Kamu bisa melatih diri untuk adaptasi dengan berbagai style makeup yang ada, dari yang natural sampai yang bold dan dramatic.

Dari sini, kamu bisa mulai bikin portofolio perlahan-lahan. Cetak foto-foto hasil kerjamu atau upload ke Instagram, biar orang bisa lihat karya-karyamu. Ini juga bisa membuka peluang buat kolaborasi yang bisa nge-boost karirmu di dunia kecantikan.

Latih Kedisiplinanmu

Dunia modeling itu ketat banget persaingannya. Nggak cuma soal siapa yang paling fotogenik, tapi juga soal siapa yang paling rajin latihan dan disiplin.

Jaga tubuhmu tetap fit dan sehat karena tubuhmu adalah “alat kerja”. Ketepatan waktu juga penting, di industri ini waktu adalah segalanya.

Terlihat Pede Tanpa Berlebihan

Percaya diri adalah kunci di industri modeling. Jadi, jangan malu-malu untuk menunjukkan kemampuanmu.

Walau percaya diri penting, jangan lupa sopan santun. Orang-orang di industri ini suka dengan orang yang humble dan friendly. Jadi, personalitasmu harus seimbang: percaya diri tapi tetap santun dan tidak merendahkan orang lain.

Latihan Ekspresi agar Terlihat Fotogenik

Modeling nggak cuma soal catwalk di runway, tapi juga menciptakan ‘magic’ saat berpose di depan kamera. Bikin kamera jatuh cinta sama kamu adalah skill yang wajib dimiliki setiap model.

Latih ekspresi wajah di depan cermin atau kamera. Pelajari angle terbaik wajahmu dan latih berbagai ekspresi yang pas untuk tema foto yang berbeda-beda. Ekspresi sedih, senang, dan lainnya harus dikuasai agar foto terlihat natural dan menarik.

Baca juga: Suka Duka Menjadi Model Fashion yang Wajib Kamu Ketahui

Coba Ikuti Sekolah Modeling

Kalau kamu serius ingin mendalami karir ini, cobalah mengikuti sekolah modeling. Sekolah modeling tidak hanya mengajarkan tentang teknik berpose atau berjalan di catwalk, tapi juga tentang etika, cara berbicara di publik, dan pengembangan diri.

Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa membangun image dirimu sebagai model makeup artist yang profesional dan siap bersinar di dunia kecantikan.

Di sekolah modeling kami, ada banyak kursus yang bisa kamu coba, mulai dari yang paling dasar sampai yang profesional. Kamu bisa coba kelas Menjadi Model Profesional Dari 0 kami.

Selamat mengejar impianmu di dunia modeling! Baca artikel terkait sekolah modeling lainnya di sini.

Leave a Comment